Parasite Diramalkan Jadi Film Terbaik Piala Oscar 2020, Ini 6 Modalnya

Oleh Wayan Diananto pada 10 Feb 2020, 10:05 WIB
Diperbarui 10 Feb 2020, 10:05 WIB
Poster film Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)
Perbesar
Poster film Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)

Liputan6.com, Jakarta - Malam puncak Piala Oscar 2020 digelar di  the Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, AS, pada Minggu (9/2/2020) malam atau Senin (10/2/2020) waktu Indonesia. Piala Oscar 2020 jadi perhatian masyarakat Asia.

Pasalnya, Parasite diramalkan akan menjegal 1917 di Best Picture. Seperti diketahui, dalam putaran Piala Oscar 2020, Parasite memborong setengah lusin nominasi termasuk Film Berbahasa Asing dan Film Terbaik. Jika menang Piala Oscar 2020 di kategori naskah, langkah Parasite meraih Best Picture makin gampang.

 

Mengingat, untuk menang Best Pictures sebuah film harus menang di kategori naskah atau menang di setidaknya tiga kategori non-naskah. Showbiz Liputan6.com mengajak Anda mengecek 6 modal Parasite untuk menang Piala Oscar 2020.

2 dari 7 halaman

1. Piala Golden Globe

Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)
Perbesar
Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)

Musim penghargaan dimulai dengan Golden Globes 2020. Malam puncak Golden Globes 2020 digelar di The Beverly Hilton, California AS, bulan lalu. Dinominasikan untuk Naskah Asli, Sutradara, dan Film Berbahasa Asing Terbaik, Parasite menang untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Dunia syok dengan kemenangan ini.

3 dari 7 halaman

2. Piala Tertinggi SAG Award

Adegan film Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)
Perbesar
Adegan film Parasite. (Foto: Dok. IMDb/ Barunson E&A)

SAG Awards tak punya kategori Film Berbahasa Asing Terbaik mengingat penghargaan ini spesifik untuk mengapresiasi para aktor dan pemeran pengganti. Namun SAG Awards tak kurang akal untuk mengganjar Parasite. Duta dari Korea Selatan ini pulang dengan piala kategori tertinggi, Film dengan Pemain Ensambel Terbaik. Banyak lo, film yang menang di kategori ini dan akhirnya menang Best Picture Oscar. Di antaranya, Crash, Birdman, dan Spotlight.

4 dari 7 halaman

3. Dua Piala BAFTA

Cuplikan film Parasite (CJ E&M via IMDb)
Perbesar
Cuplikan film Parasite (CJ E&M via IMDb)

Kejutan datang dari ajang penghargaan tertinggi di Inggris, BAFTA. Selain menang Film Berbahasa Asing Terbaik, BAFTA menyerahkan piala Skenario Asli Terbaik untuk Parasite. Walhasil, peta persaingan berubah. Kritikus semula meramalkan 1917 melawan Once Upon A Time in Hollywood. Kini Parasite menjadi naga kecil Asia yang siap mematuk kontestan lain.

5 dari 7 halaman

4. Piala Writers Guild of America

Kejutan datang dari penghargaan Writers Guild of America, yakni penghargaan yang digelar oleh paguyuban penulis skenario di AS. Naskah Once Upon A Time in Hollywood karya Quentin Tarantino tak masuk nominasi Skenario Asli Terbaik Layar Lebar. Ini memuluskan jalan Parasite untuk mencuri piala Skenario Asli Terbaik.

6 dari 7 halaman

5. Piala Art Directors Guild Award

Ini adalah ajang penghargaan tertinggi gelaran organisasi penata artistik se-Amerika Serikat. Di kategori Tata Artistik Film Kontemporer, Parasite diadu dengan John Wick Chapter 3: Parabellum, Knives Out, Us, dan A Beautiful Day in the Neighborhood. Ajaibnya, Parasite mengalahkan empat raksasa Hollywood tersebut.

7 dari 7 halaman

6. American Cinema Editors Award

Kategori penyuntingan gambar dianggap salah satu kunci untuk memenangkan Best Picture Oscars. Sejumlah film meraih Best Picture bermodal kategori naskah dan penyuntingan. Sebut saja Crash, The Departed, dan Argo. American Cinema Editors (organisasi editor AS) menyerahkan piala Penyunting Gambar Terbaik (untuk Film Drama). Jika Oscars menyetujui putusan ini, makin mudah bagi Parasite untuk meraih Best Picture.

Lanjutkan Membaca ↓