Sukses

Mengenang Sosok Yanti Noor Istri Chrisye Semasa Hidup

Istri Chrisye, Yanti Noor, meninggal dunia karena penyakit stroke yang diidapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Istri mendiang Chrisye, Yanti Noor, telah berpulang menyusul sang suami ke pangkuan Ilahi. Yanti meninggal dunia pada Sabtu (8/2/2020) siang di Rumah Sakit Cimacan Cipanas, Jawa Barat.

Yanti Noor yang bernama lengkap Gusti Firoza Damayanti Noor meninggal dunia karena penyakit stroke yang diidapnya. Ia pun meninggalkan empat orang anak, yakni Nissa, Risty, serta si kembar Pasha dan Masha.

Jenazah Yanti Noor disemayamkan di rumah duka Bintaro dan akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada Minggu, 9 Februari 2020. Rencananya, makam Yanti akan dibuat bertumpuk dengan makam Chrisye.

Dikenal oleh banyak orang sebatas istri Chrisye, sebenarnya banyak hal menarik seputar Yanti Noor yang mungkin belum diketahui publik secara luas. Kami mengutipnya dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Noor Bersaudara

Sebelum menikah dengan Chrisye, Yanti Noor sudah dikenal sebagai salah satu personel Noor Bersaudara, salah satu grup musik Indonesia pertama yang memiliki aransemen vokal progresif.

3 dari 7 halaman

Sekretaris Guruh

Menariknya, tak hanya berkiprah di dunia musik. Yanti Noor juga pernah berprofesi sebagai sekretaris Guruh Soekarno Putra. Chrisye mulai akrab dengan Yanti karena ia sering mengunjungi Guruh di era tahun 1970-an. Mendiang Chrisye memang pernah satu band dengan putra bungsu Presiden Soekarno-Fatmawati itu.

4 dari 7 halaman

Saudara Musisi Top

Yanti Noor juga memiliki kakak laki-laki seorang musisi bernama Raidy Noor. Kebetulan, Raidy berteman akrab dengan Chrisye. Maka tak heran bila Chrisye bisa lebih akrab dengan Yanti.

5 dari 7 halaman

Kerja di Hotel

Sebelum menikah dengan Chrisye, Yanti sempat tinggal di Bali selama beberapa minggu untuk bekerja di sebuah hotel bintang lima. Perasaan cinta Chrisye membuatnya menyusul untuk melamar Yanti.

6 dari 7 halaman

Pernikahan

Yanti menikah dengan Chrisye pada 12 Desember 1982 dengan adat Minangkabau. Karena pernikahan ini, Chrisye yang berdarah Tionghoa-Betawi, mantap berpindah agama mengikuti keyakinan yang dipeluk Yanti, yakni sebagai seorang muslim.

7 dari 7 halaman

Tampil di Film Chrisye

Yanti Noor juga sempat tampil di film Chrisye yang dirilis pada 2017 lalu. Ia juga sempat muncul dalam video klip lagu "Lirih" yang dirilis setelah Chrisye meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.