Sukses

6 Film dari Komik DC Ini Ditonton Jutaan Orang, Bisakah Birds of Prey Menyusul?

Bersama Joker, Birds of Prey menempatkan diri di luar DC Extended Universe.

Liputan6.com, Jakarta Birds of Prey: And the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn dirilis di bioskop pekan ini. Bersama Joker, Birds of Prey menempatkan diri di luar DC Extended Universe. Komik DC yang melahirkan jagoan hebat seperti Batman, Superman, dan Wonder Woman. Film-film rilisan komik DC menyerap jutaan penonton di Indonesia.

Berdasarkan data akun Twitter pemerhati film @bicaraboxoffice, selama 7 tahun terakhir, hanya Shazam! yang melempem. Dalam kondisi melempem pun, Shazam! masih sanggup mendulang 1,9 juta penonton lebih.

Suicide Squad merangkul 2,3 juta penonton. Bisakah Birds of Prey menyusul? Mari kita cek, siapa jagoan komik DC yang paling banyak ditonton. Yang menebak Batman V Superman, selamat, Anda salah!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Aquaman (5,8 juta)

Dibandingkan dengan Batman atau Superman, Aquaman kalah terkenal. Siapa sangka, popularitas Aquaman di tangan mas ganteng nan kekar Jason Momoa mengangkasa. Dirilis Desember 2018, berbareng dengan sempalan Transformers yakni Bumble Bee, Aquaman di Indonesia menjaring 5,8 juta penonton.

Bertahan lama di bioskop, Aquaman konon salah satu faktor yang membuat karya Ernest Prakasa, Milly dan Mamet, gagal tembus 2 juta penonton.

3 dari 7 halaman

2. Joker (4,2 juta)

Didahului dengan kabar kekecewaan Jared Letto tak diizinkan melanjutkan peran Joker, disambung dengan terpilihnya Joaquin Phoenix sebagai pengganti. Penggemar bertanya-tanya, mampukah Joaquin Phoenix melanjutkan standar emas yang ditetapkan almarhum Heath Ledger. Jawabannya, ya!

Mengeruk 1 miliar dolar AS dari seluruh dunia (tanpa bantuan Tiongkok), memborong 11 nominasi Oscars, Joker masih mendapat bonus 4,2 juta penonton dari Indonesia. Cihuy!

4 dari 7 halaman

3. Batman V Superman: Dawn of Justice (4,2 juta)

Meraih 873 juta dolar AS dari seluruh dunia, Batman V Superman: Dawn of Justice yang dirilis pada 2016 menjadi salah satu lumbung untung Komik DC. Di Indonesia saja, Ben Affleck dan Henry Cavill sukses menyihir 4,2 juta penonton.

Performa di tangga box office boleh menyamai Joker, namun di ajang festival, film ini keok. Meraih 8 nominasi Razzie Awards (ajang penghargaan film terburuk di AS), Batman V Superman “menang” empat.

5 dari 7 halaman

4. Justice League (3,3 juta)

Jika Marvel punya tim Avengers, maka komik DC punya Justice League yang diperkuat Batman, Superman, Wonder Woman, Aquaman, The Flash, dan Cyborg.

Menggebrak bioskop pada November 2017, Justice League yang digarap Zack Snyder membawa pulang uang 657 juta dolar AS lebih. Di Indonesia saja, film ini ditonton 3,3 juta.

6 dari 7 halaman

5. Wonder Woman (2,6 juta)

Kali pertama Gal Gadot diumumkan sebagai pemeran Diana Prince alias Wonder Woman, penggemar komik DC mencibir. Namun saat foto Gal Gadot mengenakan seragam Wonder Woman dirilis, para pencibir bungkam.

Secara kualitas, Wonder Woman terbilang baik. Bahkan, menyabet penghargaan Film Dengan Performa Stuntman Terbaik di SAG Awards. Tak mendapat hati di ajang Oscars, cinta 2,6 juta penonton Indonesia bisa menjadi pelipur lara.

7 dari 7 halaman

6. Man of Steel (2,3 juta)

Henry Cavill dan Amy Adams terpilih untuk menghidupkan pasangan Clark Kent-Lois Lane. Digarap dengan kemasan kelam ala The Dark Knight, film ini tak serta merta memuaskan semua pihak.

Meski demikian, performanya di tangga box office tak mengecewakan. Beroleh 668 juta dolar AS dari seluruh dunia, Man of Steel mendapat jutaan cinta dari penggemar di Indonesia. Lebih dari 2,3 juta tiket Man of Steel terjual di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini