Sukses

Mengenang Ketangguhan Kirk Douglas, Pemberontak yang Pernah Selamat dari Kecelakaan Helikopter

Kirk Douglas kecil hidup dalam kondisi kesusahan secara ekonomi bersama orangtua dan enam saudara perempuannya.

Liputan6.com, Los Angeles - Aktor Kirk Douglas telah meninggal dunia pada Rabu (5/2/2020) waktu setempat, di usia 103 tahun. Kematiannya tak hanya membawa duka bagi keluarga, tapi juga untuk industri film.

Semasa hidupnya, Kirk Douglas dikenal lewat penampilan apiknya di film-film Hollywood ikonis. Beberapa di antaranya adalah Spartacus, Gunfight at the O.K. Corral, The Bad and the Beautiful, dan Lust for Life.

Namun di luar kemampuannya akting, banyak hal menarik lain dari Kirk Douglas. Terutama ketangguhannya, dan keberanian dalam mengambil keputusan.

Kirk Douglas lahir dengan nama Issur Danielovitch di Amsterdam, New York, Amerika Serikat, pada 9 Desember 1916. The Hollywood Reporter mencatat bahwa ia adalah putra dari pasangan Yahudi yang bermigrasi dari Rusia.

Kirk Douglas kecil hidup dalam kondisi kesusahan secara ekonomi bersama orangtua dan enam saudara perempuannya. Setelah merasa cukup umur, ia langsung bekerja untuk membantu orangtuanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jadi Tukang Bersih-Bersih

Ia bekerja di St Lawrence University sebagai tukang bersih-bersih, sambil berkuliah. Bakat akting Kirk Douglas menarik perhatian American Academy of Dramatic Arts yang kemudian memberinya beasiswa.

Aktor peraih Honorary Award untuk Oscars 1996 ini kemudian mulai menekuni kariernya dari panggung Broadway, dan makin melesat setelah terjun ke industri film.

 

3 dari 6 halaman

Melawan Sistem Hollywood

Sepanjang kariernya Kirk Douglas dikenal sebagai sosok tangguh dan pemberani. ET Online mencatat ia berani melawan sistem kontrak Hollywood yang mengikat seorang aktor pada satu studio selama bertahun-tahun.

Ia lantas mendirikan studio film sendiri, Bryna, yang memproduksi sejumlah film terpenting dalam kariernya seperti The Vikings, Lonely Are the Brave, dan Spartacus.

4 dari 6 halaman

Spartacus

Tahun 1960, Kirk Douglas kembali mengambil langkah berani dengan menggaet penulis naskah kontroversial Dalton Trumbo untuk film Spartacus. Trumbo saat itu tengah diboikot karena keterkaitannya dengan komunis. Kesuksesan Spartacus akhirnya mengakhiri boikot tersebut.

Sekadar informasi, dalam Spartacus ia juga menggaet Stanley Kubrick, sineas besar yang kala itu masih meniti karier.

5 dari 6 halaman

Kecelakaan Helikopter

Hal lain yang diingat publik, adalah saat ia selamat dari kecelakaan helikopter yang memakan dua korban pada Februari 1991. Kala itu, Kirk Douglas berusia 72 tahun.

LA Times memberitakan helikopter yang dinaiki sang aktor bertabrakan dengan sebuah pesawat kecil di bandara Santa Paula, California. Kecelakaan ini lantas membuatnya kembali menemukan sisi spiritualnya, dan membuatnya mendalami Yudaisme.

6 dari 6 halaman

Stroke

Pada 1996, Kirk Douglas menderita stroke yang membuatnya tak bisa berbicara. Ia sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya sendiri, tapi kemudian memilih untuk menjalani terapi demi bisa kembali berakting.

Pada tahun yang sama, ia menerima Honorary Award di ajang Piala Oscar. Seperti terlihat dalam video di akun YouTube resmi Oscar, para hadirin berdiri memberikan penghormatan panjang kepada Kirk Douglas saat ia berdiri di podium.

Saat menerima penghargaannya, hadirin tidak menyangka ia akan mengucapkan pidato penghargaan, tapi Kirk Douglas mampu mengucapkannya.

"Terima kasih, terima kasih. Aku melihat empat anakku, mereka bangga dengan ayahnya. Dan aku bangga juga. Bangga menjadi bagian dari Hollywood selama 50 tahun. Tapi [piala] ini untuk istriku Anne, aku mencintaimu," kata dia, diiringi dengan tepuk tangan hadirin, sementara sang istri yang duduk di kursi penonton menyeka air matanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.