Sukses

Film KKN di Desa Penari Sempat Terkendala Budget

Kru film KKN di Desa Penari di Yogyakarta harus membangun set sendiri di lokasi syuting.

Liputan6.com, Jakarta - Proses pembuatan film KKN di Desa Penari yang diangkat dari cerita viral di media sosial, menyimpan beragam hal menarik. Pembiayaan produksi diakui produser Manoj Punjabi sebagai salah satu hal yang menyulitkan.

Pasalnya, kru film KKN di Desa Penari, harus membangun set sendiri di Yogyakarta yang menjadi lokasi syutingnya. Sehingga, proses budgeting pun nyaris menjadi hambatan.

"Kendalanya kami harus bangun (set) sendiri, biaya, itu yang jadi kendala. Karena ini film horor dengan budget yang sangat besar," ujar Manoj Punjabi saat membahas KKN di Desa Penari dalam video di kanal YouTube ESGE ENTERTAINMENT.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Durasi Film

Membahas soal durasi film, Manoj secara mengejutkan turut membeberkan bahwa stock film ini bisa memiliki durasi lebih dari tiga jam. Namun, ia mengaku bahwa film ini tak akan berdurasi sampai tiga jam di bioskop.

"Sementara durasinya lebih dari tiga jam. Tapi pasti yang di bioskop enggaklah, itu mungkin extended version. Di bioskop saya belum tahu berapa, tapi selengkap mungkin dari bioskop kita bisa tahu," ia membeberkan.

3 dari 5 halaman

Yogyakarta

Manoj Punjabi juga sebelumnya menyampaikan bahwa lokasi syuting film KKN di Desa Penari akan bertempat di kota Yogyakarta, Gunung Kidul, dan sekitarnya.

Dalam kisah aslinya, setting cerita KKN di Desa Penari disebut bertempat di Banyuwangi, Jawa Timur. Sehingga Yogyakarta bukanlah lokasi asli ceritanya.

4 dari 5 halaman

Semirip Mungkin

Manoj pun meyakinkan bahwa lokasi syuting film ini akan dibuat semirip mungkin dengan setting kisah asli KKN di Desa Penari.

"Kami enggak ke lokasi yang asli memang enggak bisa ke sana, survey ke lokasi asli. Tapi di bukunya kami ambil sedekat mungkin apa persamaannya," terang Manoj.

"Seperti asli, sama sedetail mungkin gapuranya dan hal-hal lainnnya. Kami bangun supaya kami enggak menipu penonton," lanjut Manoj.

5 dari 5 halaman

Kisah KKN di Desa Penari

Kisah yang diklaim berasal dari pengalaman nyata itu bercerita tentang kunjungan mahasiswa yang tengah mengobservasi masyarakat di sebuah desa dalam rangka kuliah kerja nyata.

Kejanggalan bermula setelah para mahasiswa ini mendengar suara gamelan. Salah satu mahasiswa menemui sosok wanita yang tiba-tiba muncul lalu hilang begitu saja. Dalam kisahnya, nama desa tersebut disamarkan menjadi Desa Penari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini