5 Isu Panas Hubungan Keluarga Kerajaan dengan Meghan Markle - Pangeran Harry

Oleh Ratnaning Asih pada 09 Jan 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 13 Jan 2020, 12:43 WIB
[Bintang] Meghan Markle - Pangeran Harry

Liputan6.com, London - Pangeran Harry dan Meghan Markle mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan pada Kamis (9/1/2020) pagi waktu Indonesia. Pasangan ini menyatakan mundur sebagai anggota kerajaan senior.

Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle dikabarkan telah menimbulkan kekecewaan mendalam di kalangan pihak Istana Buckingham.

Sumber BBC bahkan menyebutkan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle sama sekali tak berkonsultasi dengan Pangeran William maupun Ratu Elizabeth II soal keputusan ini.

Sumber yang dihubungi People juga menyebut suasana penuh kekecewaan terasa begitu intens di keluarga Kerajaan Inggris setelah pengumuman dikeluarkan.

2 dari 7 halaman

Kurang Mulus

Meghan Markle - Pangeran Harry
Meghan Markle - Pangeran Harry (PETER PARKS / POOL / AFP)

Sejumlah media internasional memandang keputusan besar Pangeran Harry dan Meghan Markle ini merupakan bukti nyata dari retaknya hubungan mereka dengan Kerajaan Inggris.

Sebelumnya, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah sering dikabarkan memiliki hubungan yang kurang mulus dengan keluarga Kerajaan Inggris. Apa saja? Berikut di antaranya:

3 dari 7 halaman

1. Pertunangan

Pangeran Harry dan Meghan Markle berfoto bersama Archie dan keluarga dalam upacara pembaptisan (AFP/Chris Allerton)
Pangeran Harry dan Meghan Markle berfoto bersama Archie dan keluarga Kerajaan Inggris. (AFP/Chris Allerton)

People menulis bahwa salah satu akar permasalahan Pangeran Harry dengan Pangeran William terjadi saat anak bungsu Putri Diana itu hendak bertunangan dengan Meghan Markle.

Sejumlah sumber yang dihubungi People menyebutkan tensi antara dua bersaudara ini meninggi setelah Pangeran Harry mengaku kepada keluarga bahwa ia ingin menikahi aktris Amerika tersebut. Hanya saja, Pangeran William merasa hubungan sang adik berjalan terlalu cepat.

Pangeran Harry disebut marah dan terluka akibat hal ini. "Harry sangat protektif dan ia punya hak bertindak seperti ini," tutur sumber tersebut.

4 dari 7 halaman

2. Kate Middleton - Meghan Markle?

Kate Middleton dan Meghan Markle
Kate Middleton dan Meghan Markle (Oli SCARFF / AFP)

Dalam setahun awal pernikahannya, Meghan Markle kerap dihajar dengan isu cekcok dengan Kate Middleton. Bahkan hal ini dikaitkan dengan isu mundurnya staf yang tak tahan dengan perilaku Meghan Markle.

Namun sumber dalam yang dihubungi Vanity Fair justru mengungkap hal berbeda. "Kate dan Meghan adalah orang yang benar-benar berbeda dan tidak punya banyak kesamaan tapi mereka berusaha akrab. Masalahnya ada di antara dua bersaudara ini," tutur sumber tersebut.

Menurut salah seorang sahabat pangeran ini, Pangeran Harry sempat merasa kakaknya kurang menyambut hangat Meghan Markle dalam keluarganya. Ketegangan ini mencair setelah Pangeran Charles mengundang Pangeran Harry dan keluarga merayakan Natal bersama pada 2018.

Tak hanya itu, tujuan hidup Pangeran Harry juga mengalami perubahan. "Dia ingin berdiri di atas kaki sendiri dan tak mau lagi menjadi bayangan William. Pekerjaan di daerah pinggiran cocok untuknya dan Meghan karena mereka ingin membesarkan anak mereka jauh dari sorotan publik," tutur sumber itu.

 

5 dari 7 halaman

3. Pisah Kantor dan Pindah Rumah

Meghan Markle dan Pangeran Harry
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (dok. Adrian DENNIS/AFP)

Salah satu tanda yang kerap disebut sebagai keretakan hubungan Pangeran Harry dan William adalah perpisahan urusan rumah tangga antara kakak beradik ini. Sebelumnya, urusan keduanya diatur dalam satu kantor bersama.

Tak hanya itu, Pangeran Harry juga pindah rumah dari Istana Kensington ke Frogmore House di Windsor.

6 dari 7 halaman

4. Akui Keretakan

Pangeran William dan Harry (© AFP 2010)
Pangeran William (kanan) bercakap-cakap dengan adiknya Pangeran Harry (kiri) (AFP PHOTO / PAUL ELLIS )

Oktober 2019, Pangeran Harry mengakui secara langsung bahwa memang ada ketegangan antara dirinya dengan Pangeran William. Hal ini ia sampaikan dalam wawancara dengan ITV.

Pangeran Harry mengakui hal ini kurang lebih berkaitan dengan posisi mereka sebagai keluarga kerajaan.

"Bagian dari posisi ini, bagian dari pekerjaan ini, keluarga ini, tekanan yang terjadi, ada banyak kejadian yang tak bisa dihindari. Namun kami adalah saudara. Selamanya akan menjadi saudara."

Pangeran Harry mengakui bahwa hidupnya dan sang kakak kini berada di jalan yang berbeda.

"Sudah jelas kami berada di jalan yang berbeda saat ini, tapi aku akan selalu ada untuknya, dan aku tahu ia akan selalu ada untukku," tuturnya.

 

7 dari 7 halaman

5. Tak Rayakan Natal Bersama

Gaya Kate Middleton dan Meghan Markle Saat Natal
Kate Middleton dan Meghan Markle bersama suaminya Pangeran William dan Pangeran Harry. (AFP Photo/Paul Ellis)

Rumor cekcok antara keluarga kerajaan ini muncul kembali mendekati Natal 2019. Pasalnya, Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan absen dalam tradisi perayaan Natal keluarga Inggris. Salah satunya adalah berjalan bersama di hadapan publik saat menuju ke gereja.

Keluarga kecil ini memilih untuk menghabiskan momen spesial tersebut bersama ibunda Meghan Markle.

Meski begitu, sebenarnya bukan hal yang aneh bila sebuah keluarga bangsawan tak ikut serta dalam tradisi ini. Pada 2016, keluarga Pangeran William pulang kampung ke rumah keluarga Kate Middleton saat Natal.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

So Ji Sub Resmi Menikah dengan Cho Eun Jung