Sukses

Pangeran Harry - Meghan Markle Mundur, Ratu Elizabeth II: Butuh Banyak Waktu

Ratu Elizabeth II menyatakan diskusi dengan Pangeran Harry dan sang istri masih berada di tahap awal.

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II akhirnya angkat suara soal pengumuman Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris.

Dilansir dari People, Kamis (9/1/2020), diskusi dengan Pangeran Harry dan sang istri dikatakan masih berada di tahap awal.

"Diskusi dengan Duke dan Duchess Sussex berada di tahap awal. Kami mengerti keinginan mereka untuk melakukan pendekatan baru, tapi ini adalah isu yang rumit dan ini butuh banyak waktu untuk dilewati," begitu pernyataan resmi dari Buckingham Palace yang keluar Rabu kemarin.

Sementara itu sumber dari People dan BBC mengabarkan bahwa reaksi Istana Buckingham atas pengumuman Pangeran Harry dan Meghan Markle terbilang kurang baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanpa Konsultasi

BBC melaporkan bahwa pihak Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan keluar dari status anggota senior Kerajaan Inggris tanpa berkonsultasi terlebih dulu, baik dengan Pangeran William maupun Ratu Elizabeth II.

Sejumlah bangsawan senior juga mengaku sakit hati atas pengumuman ini.

3 dari 6 halaman

Bikin Kaget

Sumber People dari dalam Istana menyebutkan Ratu, Pangeran Charles, dan Pangeran William kaget bukan kepalang dengan pengumuman ini.

"Ada banyak rasa sakit akibat ini," tutur sumber tersebut.

4 dari 6 halaman

Pernyataan Pangeran Harry - Meghan Markle

Seperti diberitakan sebelumnya, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan mundur dari status sebagai anggota senior Kerajaan Inggris lewat Instagram resmi mereka.

"Setelah pertimbangan dan diskusi internal selama berbulan-bulan, kami memilih untuk melakukan transisi pada tahun ini dengan memulai peran progresif baru dalam institusi ini. Kami berniat mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk mandiri secara finansial, tapi tetap mendukung penuh Paduka Ratu," begitu isi pernyataan Meghan Markle dan Pangeran William.

5 dari 6 halaman

Demi Archie

Tak hanya itu, mereka juga berniat untuk membagi waktu secara seimbang antara kehidupan di Inggris dan Amerika Utara. Hal ini diputuskan dengan pertimbangan tumbuh kembang sang anak.

6 dari 6 halaman

Fokus dalam Babak Baru

"Keseimbangan geografis ini akan memudahkan dalam membesarkan anak kami dengan penuh apresiasi kepada tradisi kerajaan di mana dia lahir, sekaligus memberikan keluarga kami tempat untuk fokus terhadap babak selanjutnya, termasuk membuat peluncuran proyek amal baru."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.