Bebas Hari Ini, Ridho Rhoma Janji Tak Akan Bikin Ayah-Ibunya Menangis Lagi

Oleh Zulfa Ayu Sundari pada 08 Jan 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 10 Jan 2020, 11:13 WIB
6 Momen Ridho Rhoma Bebas dari Penjara, Dijemput Sang Ayah

Liputan6.com, Jakarta - Permohonan bebas bersyarat Ridho Rhoma telah dikabulkan. Ia telah meninggalkan Rumah Tahanan Salemba pada Rabu (8/1/2020) setelah menjalani hukuman selama enam bulan.

Seperti diketahui, ini merupakan kali kedua Ridho Rhoma menjalani hukuman atas kasus narkoba yang menjeratnya pada 2017 lalu. Itu lantaran Mahkamah Agung mengabulkan kasasi yang diajukan jaksa penuntut umum.

Dari kasus hukum ini, Ridho Rhoma banyak belajar dan introspeksi diri. Ia berjanji pada diri sendiri dan tentu pada keluarganya untuk tak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

 

2 dari 7 halaman

Tak Mau Bikin Orangtua Menangis

6 Momen Ridho Rhoma Bebas dari Penjara, Dijemput Sang Ayah
Momen Ridho Rhoma Bebas dari Penjara (Sumber: Kapanlagi)

"Sudah sempat bicara sama papa, saya juga pernah bicara ke wartawan bahwa next saya enggak mau bikin mama sama papa nangis lagi. Itu, sih," kata Ridho Rhoma di Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020) pagi.

 

3 dari 7 halaman

Berkelakuan Baik

6 Momen Ridho Rhoma Bebas dari Penjara, Dijemput Sang Ayah
Momen Ridho Rhoma Bebas dari Penjara (Sumber: Kapanlagi)

Sementara itu, Ridho Rhoma berhak mendapatkan bebas bersyarat karena telah memenuhi beberapa kriteria. Salah satunya karena ia berkelakuan baik selama menjalani hukuman.

 

4 dari 7 halaman

Cuti Bersyarat

"Lalu, dia juga melakukan pembinaan, tidak melakukan pelanggaran, ini suatu reward, haknya diberikan untuk mendapat fasilitas cuti bersyarat, dengan kata lain bebas sebelum waktunya," kata Kepala Rutan Salemba, Masjuno, dalam kesempatan yang sama.

 

5 dari 7 halaman

Lapor Sebulan Sekali

Meski begitu, Ridho Rhoma tetap diharuskan untuk melakukan wajib lapor setiap satu bulan sekali hingga masa hukumannya berakhir, yakni pada Maret 2020.

"Iya harus melapor diri ke balai pemasyarakatan sampai 9 Maret 2020. Kemarin juga sudah lapor untuk yang pertama, dan hari ini pelaksanaannya. Selebihnya akan dilaksanakan langsung oleh Mas Ridho," terang kepala rutan.

 

6 dari 7 halaman

Menangis Bahagia

Sang ayah, Rhoma Irama, menjemput langsung Ridho Rhoma dari rumah tahanan. Dalam momen ini, sang raja dangdut tak kuasa menahan tangis bahagia.

 

7 dari 7 halaman

Tak Seperti Ridho Rhoma

"Alhamdulillah buat saya ini suatu kebahagiaan luar biasa. Saya enggak kayak Ridho, kalau Ridho bisa tahan air mata, saya enggak bisa," ungkap Rhoma Irama yang kemudian terdiam menahan tangis.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Tahlilan 40 Hari Meninggalnya Ashraf Sinclair Digelar