Anak Ahok dan Puput Bernama Yosafat Abimanyu Purnama, Ini Maknanya

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 06 Jan 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 15:30 WIB
[Fimela] Ahok dan Puput Nastiti Devi
Perbesar
Ahok dan Puput (Instagram/fdphotography90)

Liputan6.com, Jakarta - Perasaan bahagia tengah menyelimuti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, setelah sang istri, Puput Nastiti Devi, melahirkan anak pertama mereka di RSIA Bunda Jakarta, Senin (6/1/2019).

Ahok memang belum menyampaikan pengumuman resmi terkait kelahiran putranya dan Puput yang ia beri nama Yosafat Abimanyu Purnama itu.

Menariknya, banyak warganet yang membincangkan nama anak keempat Ahok itu. Tiga anak sebelumnya lahir dari pernikahan Ahok dan Veronica Tan yang telah berakhir.

2 dari 5 halaman

Makna Nama

[Fimela] Ahok dan Puput Nastiti Devi
Perbesar
(Instagram/triawanmunaf)

Seperti kakak-kakaknya, nama Yosafat Abimanyu Purnama memiliki makna yang indah dan memiliki unsur sejarah yang mendalam, terutama unsur Kristiani. Ikuti selengkapnya berikut ini.

3 dari 5 halaman

Yosafat

[Fimela] Ahok dan Puput Nastiti Devi
Perbesar
Ahok dan Puput (Instagram/prasetyoedimarsudi)

Mengutip dari berbagai sumber, Yosafat merupakan nama seorang raja Yehuda keempat yang memimpin Yerusalem pada 873 sampai tahun 848 sebelum masehi.

Arti nama Yosafat juga bisa berarti taat kepada Tuhan atau kemenangan Tuhan.

4 dari 5 halaman

Abimanyu

Sementara itu, nama tengah anak Ahok adalah Abimanyu berasal dari bahasa Sansekerta yang bisa berarti "punya sifat pemberani".

Namun, Abimanyu juga merupakan tokoh wayang dalam kisah Mahabharata, putra dari Arjuna dan Subadra, sekaligus penerus takhta Yudistira.

5 dari 5 halaman

Purnama

Seperti kita ketahui, Purnama merupakan nama belakang Ahok, Basuki Tjahaja Purnama. Makna Purnama sangatlah sederhana untuk digali, yakni cahaya bulan yang terlihat terang tanpa terhalangi bayangan Bumi.

Lanjutkan Membaca ↓