Sukses

KALEIDOSKOP 2019: 6 Lagu Indonesia Paling Populer Tahun Ini

Kali ini, kaleidoskop 2019 musik Indonesia menampilkan lagu terpopuler berdasarkan jumlah viewers di YouTube

Liputan6.com, Jakarta - Hari terakhir tahun 2019, kami sajikan kaleidoskop 2019 musik Indonesia. Kali ini, kaleidoskop 2019 musik Indonesia menampilkan lagu terpopuler berdasarkan jumlah viewers di YouTube ditambah sepak terjang di tangga lagu Billboard Indonesia. Musik domestik sepanjang tahun ini diwarnai sejumlah fenomena menarik.

Lagu “Celengan Rindu” dari Fiersa Besari misalnya, popular lagi setelah dikover Feby Putri. Versi Febby ditonton hingga 39 juta kali. Kaleidoskop 2019 musik Indonesia juga memperlihatkan fenomena lagu berbahasa Jawa. “Mundur Alon-alon” (artinya mundur perlahan) milik Ilux ditonton hingga 88 juta kali hanya dalam 7 bulan.

Lagu ini kemudian dikover pedangdut Nella Kharisma dan menyita atensi 12 juta warganet. Belum versi Jihan Audy yang menyerap 20 juta penonton dalam 3 bulan. Showbiz Liputan6.com menampilkan 6 lagu Indonesia terpopuler untuk melengkapi kaleidoskop 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Hanya Rindu (Andmesh Kamaleng)

Banyak yang menyebut jebolan ajang pencarian bakat hanya populer semusim. Ia seperti meteor yang melintas lalu meredup. Andmesh Kamaleng sebaliknya. Dipublikasikan di kanal YouTube pada November 2018, “Cinta Luar Biasa” meledak bersama 189 juta viewers. Orang menyangka, “Cinta Luar Biasa” one hit wonder.

Andmesh mengulang sukses tahun ini dengan “Hanya Rindu.” Belum genap setahun, nomor ini menyerap 91 juta atensi di YouTube. “Nyaman” menyusul dengan 24 juta viewers dalam tempo dua bulan. “Hanya Rindu” dan 3 lagu Andmesh lainnya tembus 10 besar Billboard Indonesia pada Desember 2019. Ini tahunnya Andmesh!

3 dari 7 halaman

2. Cinta Karena Cinta (Judika)

Setelah mengakhiri kontrak dengan Sony Music, Judika bergabung dengan Trinity. Kerja sama ini ditandai dengan single “Cinta Karena Cinta” yang menjadi lagu tema sinetron berjudul sama, tayang di SCTV. Single ini meledak di YouTube dan mengumpulkan 56 juta atensi lebih hanya dalam 6 bulan. Ia juga merajai Billboard Indonesia.

Rating dan share sinetron Cinta Karena Cinta pun menjulang. Menempatkan Immanuel Caesar Hito dan Natasha Wilona sebagai pemeran utama, Cinta Karena Cinta menjadi sinetron terfavorit di ajang Panasonic Gobel Award.

4 dari 7 halaman

3. Adu Rayu (Yovie Widianto featuring Glenn Fredly dan Tulus) 

Apa jadinya jika komponis empat dekade berkolaborasi dengan dua pangeran pop Indonesia? “Adu Rayu” mengisahkan persaingan dua pria memperebutkan pujaan hati. Rahasia sukses lagu ini terletak pada susunan melodi yang gampang menempel di kuping awam, lirik bersahaja, plus empuknya vokal Glenn Fredly dan Tulus.

Simak juga

Jangan lupakan pula video klip “Adu Rayu” yang menampilkan cinta segitiga Chicco Jerikho-Nicholas Saputra-Velove Vexia. Video lirik dan klip “Adu Rayu” sukses merayu 39 juta viewers dalam 10 bulan.

5 dari 7 halaman

4. Salah Apa Aku (Via Vallen)

Inilah lagu paling viral di YouTube dan TikTok tahun ini. Anda mungkin asing dengan judulnya. Namun perhatikan potongan lirik lagu ini: Entah apa yang merasukimu hingga kau tega mengkhianatiku, yang tulus mencintaimu. Versi asli lagu ini dibawakan grup musik Ilir7 dan menyita perhatian lebih dari 97 juta orang tahun lalu.

Tahun ini, giliran Via Vallen mengkover “Salah Apa Aku” yang menyihir lebih dari 26 juta viewers. Sejumlah DJ mengkreasikan lagu ini menjadi banyak versi. Versi Gagak dari DJ Slow ditonton 52 juta kali dalam 4 bulan. Yang lebih gila lagi, versi video Tiktok berdurasi 10 jam ditonton 41 juta kali hanya dalam 3 bulan. Wow!

6 dari 7 halaman

5. Tak Ingin Pisah Lagi (Marion Jola dan Rizky Febian)

Membayangi Raisa dan Isyana Sarasvati, Marion Jola diam-diam mengumpulkan lebih dari 27 juta atensi di YouTube lewat video klip “Tak Ingin Pisah Lagi.” Lagu dari album debut Marion ini mengisahkan ajakan untuk memulai kembali cinta yang telah redup. Lirik lugas plus vokal Marion-Rizky yang harmonis membuat jutaan pendengar jatuh hati.

“Tak Ingin Pisah Lagi” mengulang sukses hit “Jangan” yang dibawakan Marion Jola bersama Rayi Putra. Marion Jola berhasil berdiri sendiri lepas dari bayang-bayang kontes adu bakat yang pernah diikutinya.  

7 dari 7 halaman

6. Apalah Cinta (Ayu Ting Ting featuring Kerencem)

Pernah tersiar kabar Ayu Ting Ting tengah dekat dengan pria Turki bernama Kerencem. Alih-alih naik pelaminan, pelantun “Alamat Palsu” rupanya naik studio rekaman. Hasilnya, tembang “Apalah Cinta” yang mengawinkan bahasa Indonesia dan Turki.

Lewat tembang ini, Ayu Ting Ting berhasil menjaga eksistensinya di industri musik Tanah Air. Pedangdut kelahiran Depok, 20 Juni 1992, ini hanya butuh waktu setengah tahun untuk menghimpun 25 juta penonton di kanal YouTube.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.