Kaleidoskop 2019: Momen Heboh Ahok Sepanjang Tahun Ini

Oleh Sapto Purnomo pada 28 Des 2019, 12:00 WIB
Diperbarui 28 Des 2019, 12:16 WIB
Banner Infografis Transformasi Ahok Setelah Bebas

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sempat berjaya saat dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta yang menggantikan gubernur sebelumnya, Joko Widodo, yang terpilih menjadi presiden.

Namun kariernya yang cemerlang sempat meredup setelah Ahok gagal di Pilkada DKI Jakarta dan juga tersandung kasus hukum penistaan agama.

Atas perbuatannya itu, Ahok divonis hukuman 2 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan mendekam di penjara Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Tapi di tahun 2019 menjadi tahun yang spesial buat Ahok. Sebab banyak kebahagian yang dia dapatkan sepanjang tahun ini. Apa sajakah?

Berikut 6 Momen Heboh Ahok yang dirangkum Liputan6.com lewat kaleidoskop 2019.

2 dari 7 halaman

1. Bebas dari Penjara

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat ngevlog pertama kali usai bebas dari penjara. (Youtube: Panggil Saya BTP)

Setelah menjalani vonis hukuman penjara selama 2 tahun di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Ahok akhirnya dinyatakan bebas pada 24 Januari 2019.

Kebebasan Ahok saat itu menjadi perbincangan hangat hampir disemua media. Namun tak satupun media yang berhasil mendapatkan momen bebasnya Ahok.

3 dari 7 halaman

2. Menikah

FOTO: Sepuluh Bulan Menikah, Ahok dan Puput Nastiti Pamerkan Foto Pernikahan
Sesi pemotretan Ahok dan Puput ini berlangsung pada 25 Januari 2019 dan FD Photography dipercaya untuk mendokumentasikan momen istimewa tersebut. (Liputan6.com/IG/@fdphotographyofficial)

Baru bebas dari penjara, Ahok langsung menikahi seorang Polwan berpangkat Bripda bernama Puput Nastiti Devi. Ternyata Puput adalah mantan ajudan pribadi Veronica Tan yang tak lain adalah mantan istri Ahok.

Acara pernikahan Ahok dan Puput kabarnya berlangsung pada tanggal 15 Februari 2019 secara tertutup.

4 dari 7 halaman

3. Istri Ahok Hamil

7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa
7 Momen Ahok dan Puput Nastiti Gelar Acara 7 Bulanan, Pakai Adat Jawa (sumber: Instagram.com/prasetyodimarsudi)

Kebahagiaan Ahok kian bertambah di tahun 2019 lantaran istrinya dinyatakan hamil. Kehamilan Puput sempat menghebohkan publik lantaran keduanya begitu cepat dikaruniai momongan.

5 dari 7 halaman

4. Potret Pernikahan

FOTO: Sepuluh Bulan Menikah, Ahok dan Puput Nastiti Pamerkan Foto Pernikahan
Dalam foto pernikahannya, Ahok dan Puput Nastiti Devi nampak serasi mengenakan pakaian adat Jawa. Ahok tampak gagah mengenakan beskap lengkap dengan blangkon. (Liputan6.com/IG/@fdphotographyofficial)

Publik kembali dihebohkan dengan beredarnya foto pernikahan Ahok pada Oktober 2019. Melalui akun Instagramnya, Ahok mengunggah foto pernikahannya dengan Puput yang didokumentasikan oleh FD Photography pada 25 Januari 2019.

"This Wedding photoshoot was taken on January 25, 2019Bapak @basukibtp dan Ibu Puput Nastiti Devi," tulis Ahok.

6 dari 7 halaman

5. Komisaris Pertamina

Senyum Ahok Usai Temui Jokowi di Istana
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama tersenyum usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Senin (9/12/2019). Pertemuan tersebut Presiden meminta agar memperbaiki defisit neraca perdagangan kita di sektor petrokimia dan migas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Keberuntungan terus menyelimuti Ahok di tahun 2019. Ia ditunjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir, sebagai Komisaris Utama Pertamina menggantikan Tanri Abeng.

Ahok resmi menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan jadi komisaris utama PT Pertamina (Persero) dari Kementerian BUMN pada 25 November 2019.

7 dari 7 halaman

6. Rangkap Jabatan

Senyum Ahok Usai Temui Jokowi di Istana
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Senin (9/12/2019). Pertemuan tersebut Presiden meminta agar memperbaiki defisit neraca perdagangan kita di sektor petrokimia dan migas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain menjadi Komisaris Utama Pertamina, Ahok juga dipercaya menjadi komisaris independen melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) pada 23 Desember 2019.

Meski rangkap jabatan, namun Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bidang Komunikasi Publik, Arya Sinulingga, memastikan Ahok tidak akan mendapatkan gaji ganda dari Pertamina.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓