10 Grup K-Pop Populer yang Kehilangan Anggota pada 2019

Oleh Ratnaning Asih pada 27 Des 2019, 20:30 WIB
Diperbarui 27 Des 2019, 20:30 WIB
(Soompi)
Perbesar
Tahun ini, salah satu berita yang kerap muncul adalah mundurnya seorang idola K-Pop dari grupnya. (Soomp)

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, hampir setiap bulannya para penggemar K-Pop mendapat kabar buruk. Mulai dari kasus hukum hingga berita kematian artis dari Negeri Ginseng ini.

Tahun ini, salah satu berita yang kerap muncul adalah mundurnya seorang idola K-Pop dari grupnya. Alasannya bermacam-macam, mulai dari soal kesehatan hingga terjerat kasus.

Banyak grup yang kehilangan anggota ini, memiliki nama besar di jagat hiburan K-Pop. Siapa saja mereka? Berikut sepuluh di antaranya:

2 dari 11 halaman

1. Stray Kids - Woojin

Woojin eks Stray Kids (Instagram/ realstraykids)
Perbesar
Woojin eks Stray Kids (Instagram/ realstraykids)

Woojin keluar dari Stray Kids pada 28 Oktober 2019 sekaligus mengakhiri kontraknya bersama JYP Entertainment. Agensi ini tak memberi penjelasan detail keluarnya Woojin.

"Halo, ini JYP Entertainment. Woojin, yang telah bersama Stray Kids sebagai personel hingga saat ini, telah meninggalkan grup karena keadaan pribadi dan mengakhiri kontrak eksklusifnya," begitu isi pernyataan JYP Entertainment.

3 dari 11 halaman

2. CNBlue - Lee Jong Hyun

[Bintang] Lee Jong Hyun
Perbesar
Lee Jong Hyun(Soompi)

Awal tahun ini, Lee Jong Hyun sempat terseret kasus rekaman video ilegal Jung Joon Young. Namun hal yang membuatnya keluar dari CNBlue adalah saat ia terciduk mengirim pesan tak pantas kepada seorang YouTuber bernama Park Min Jung.

Lee Jong Hyun akhirnya keluar dari CNBlue pada 28 Agustus 2019.

"Meskipun terlambat, saya mengumumkan bahwa saya mengundurkan diri dari CNBlue. Saya menyesal telah menyebabkan kerugian bagi para personel yang lain, dan saya telah memberi tahu para personel lain bahwa saya keluar dari grup. Saya merasa malu telah mengecewakan para penggemar yang mempercayai saya," tutur Lee Jong Hyun kala itu.

 

4 dari 11 halaman

3. Monsta X - Wonho

Wonho Monsta X (Instagram/ official_monsta_x)
Perbesar
Wonho Monsta X (Instagram/ official_monsta_x)

Akhir Oktober, seorang mantan ulzzang (orang yang populer di internet karena kecantikan dan ketampanannya) bernama Jung Da Eun menuduh Wonho tak mengembalikan utang dan telah mencuri darinya. Tak hanya itu, Wonho juga ia sebut pernah melakukan perbuatan kriminal di masa lalu.

Tuduhan ini sempat disangkal agensi Monsta X kala itu, Starship Entertainment. Namun akhirnya Wonho pun akhirnya keluar dari grupnya pada 31 Oktober.

"Aku merasa bersalah karena menyebabkan kerugian pada personel lain karena masalah yang berhubungan denganku. Lebih-lebih lagi, aku minta maaf karena mengecewakan penggemar yang percaya kepadaku," tuturnya.

5 dari 11 halaman

4. AOA - Mina

[Bintang] Mina AOA
Perbesar
Mina AOA (Via Soompi)

Pada 13 Mei 2019, FNC Entertainment mengabarkan bahwa Mina keluar dari AOA dan agensi ini. Ia tidak memperpanjang kontraknya dengan FNC.

"Kami sepakat untuk mengakhiri kontrak Mina dan kami menghargai keputusannya untuk pergi dari AOA. Tolong beri dukungan dan semangat untuk Mina, yang telah berpikir panjang sebelum membuat keputusan ini," begitu isi pengumuman FNC.

6 dari 11 halaman

5. Super Junior - Kangin

Kangin `Super Junior` (Soompi)
Perbesar
Kangin `Super Junior` (Soompi)

Sudah beberapa tahun lamanya Kangin tidak aktif dalam kegiatan grupnya, Super Junior. Pasalnya ia terlibat dalam sejumlah skandal, termasuk mengemudi dalam keadaan mabuk.

Akhirnya, Kangin keluar dari Super Junior pada 11 Juli. "Hatiku terasa berat karena ini bukan berita yang positif, tapi aku mengunggah ini lewat banyak pertimbangan. Aku kini melepas nama 'Super junior' yang telah bersamaku sejak lama," tutur Kangin lewat sebuah unggahan di Instagram.

7 dari 11 halaman

6. Sechskies - Kang Sung Hoon

Kang Sung Hoon eks Sechskies (Soompi)
Perbesar
Kang Sung Hoon eks Sechskies (Soompi)

Sechskies merupakan salah satu grup veteran generasi pertama di industri K-Pop. Grup ini kehilangn salah satu anggotanya yang keluar pada 1 Januari 2019, Kang Sung Hoon. Ia diterpa beragam kontroversi pada 2018, termasuk dugaan penggelapan uang donasi dari penggemar.

"Aku minta maaf tidak bisa memenuhi harapan penggemar yang sudah menantikanku meski aku telah lama hiatus, dan mereka yang mengingat dan menyapaku dengan hangat. Aku minta maaf kepada tim Sechskies akibat kerugian yang kutimbulkan karena aku," tuturnya kala itu.

8 dari 11 halaman

7. Momoland - Taeha dan Yeonwoo

Yeonwoo dan Taeha. (Soompi)
Perbesar
Yeonwoo dan Taeha. (Soompi)

Pada 30 November, MLD Entertainment mengumumkan Yeonwoo dan Taeha keluar dari Momoland untuk merintis karier baru.

"Baik Taeha dan Yeonwoo telah memikirkan secara mendalam jalan karier mereka, dan setelah memikirkannya, keduanya berbicara dengan pihak agensi," tutur perwakilan agensi kala itu.

Selain keluar dari Momoland, Taeha juga memutuskan kontrak dengan MLD Entertainment. Sementara Yeonwoo akan beralih profesi menjadi seorang aktris, tapi tetap di bawah naungan agensi ini.

9 dari 11 halaman

8. Highlight - Yong Junhyung

Yong Junhyung (Foto: soompi.com)
Perbesar
Yong Junhyung (Foto: soompi.com)

Yong Junhyung menjadi salah satu nama yang ikut terseret skandal video mesum Jung Joon Young. Meski sempat menyangkal, ia akhirnya mengaku ikut menonton video ilegal ini, dan membahasnya dengan Jung Joon Young.

Ia akhirnnya menyesali perbuatannya, dan memutuskan keluar dari Highlight.

"Saya menyadari betapa parahnya masalah ini, dan saya tidak ingin ada kerugian lebih lanjut kepada penggemar dan rekan-rekan saya yang pasti kecewa karena saya, jadi saya akan meninggalkan grup Highlight pada 14 Maret 2019. Saya akan hidup sambil merenungkan diri saya lagi dan lagi. Saya sekali lagi meminta maaf dengan tulus," tuturnya dalam sebuah unggahan di Instagram.

10 dari 11 halaman

9. iKON - B.I

B.I iKON (Soompi)
Perbesar
B.I iKON (Soompi)

Leader iKON, B.I, memutuskan untuk keluar dari grup ini setelah muncul pemberitaan bahwa ia mencoba membeli narkoba jenis LSD pada 2016. Meski mengaku sempat tergoda, ia menegaskan tak mengonsumsi barang haram tersebut. Namun ia tetap keluar dari iKON pada 12 Juni lalu.

"Aku ingin melakukan interospeksi atas kesalahanku dan meninggalkan grupku. Sekali lagi aku menundukkan kepalaku dan meminta maaf dengan tulus kepada penggemar dan anggotaku yang lain," tulisnya dalam sebuah unggahannya.

 

11 dari 11 halaman

10. Bigbang - Seungri

Seungri
Perbesar
Seungri (Jung Yeon-je / AFP)

Sejak akhir 2018, Seungri dihantam skandal demi skandal. Mulai dari kontroversi Burning Sun, hingga dugaan prostitusi dan judi ilegal. Puncaknya, pada 11 Maret lalu ia memutuskan untuk tak hanya keluar dari Bigbang, tapi juga mundur dari dunia hiburan.

"Di titik ini, kupikir hal terbaik adalah pensiun dari industri hiburan. Aku memutuskan mundur dari industri ini karena isu yang muncul telah menimbulkan gangguan di masyarakat yang terlalu besar," tuturnya lewat Instagram pribadinya, @seungriseyo.

Lanjutkan Membaca ↓