Ratna Sarumpaet Bersyukur Bisa Selesaikan Bukunya di Penjara

Oleh Surya Hadiansyah pada 26 Des 2019, 18:20 WIB
Diperbarui 28 Des 2019, 13:14 WIB
Ekspresi Ratna Sarumpaet Setelah Bebas dari Penjara

Liputan6.com, Jakarta - Ratna Sarumpaet telah resmi bebas dari rumah tahanan Pondok Bambu. Ratna Sarumpaet dibebaskan bersyarat sejak Kamis (26/12/2019).

Selama di penjara, Ratna Sarumpaet berhasil menyelesaikan sebuah buku tentang perjalanan hidupnya. Rencananya, buku tersebut akan diterbitkan dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan Ratna Sarumpaet saat ditemui di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

"Ada buku yang belum saya selesaikan waktu di tahanan. Itu akan saya selesaikan bulan ini, insyaAllah bulan depan terbit. Kalau selebihnya sih nggak kepikiran dulu," kata Ratna Sarumpaet.

 

2 dari 5 halaman

Citra Indonesia

Ekspresi Ratna Sarumpaet Setelah Bebas dari Penjara
Ratna Sarumpaet menyapa pewarta di kediamannya usai dinyatakan bebas dari hukuman pidana kasus penyebaran berita bohong atau hoaks, Jakarta, Kamis (26/12/2019). Ratna keluar dari Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu setelah permohonan bebas bersyaratnya dikabulkan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Buku tersebut akan menuangkan tentang citra Indonesia dari sudut pandang Ratna Sarumpaet. Hal itu diharapkan bisa menjawab banyaknya pemikiran yang melenceng tentang dirinya.

 

3 dari 5 halaman

Otobiografi

Ekspresi Ratna Sarumpaet Setelah Bebas dari Penjara
Ratna Sarumpaet (tengah) didampingi putrinya Atiqah Hasiholan (kanan) memberi keterangan di kediamannya usai dinyatakan bebas dari hukuman pidana kasus penyebaran berita bohong atau hoaks, Jakarta, Kamis (26/12/2019). Sebelumnya, Ratna divonis hukuman 2 tahun penjara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Sebenernya itu bentuknya otobiografi. Tapi otobiografi itu tetang bagaimana melihat Indonesia melalui kacamata saya selama ini. Orang kan selalu mikir kenapa si Ratna ini aneh sendiri, cerewet sendiri. Saya pengin luruskan gitu. Saya pengin kita punya satu pemahaman dengan apa yang saya lihat," kata Ratna Sarumpaet.

 

4 dari 5 halaman

Hikmah 

Terlepas dari itu semua, Ratna Sarumpaet mengaku mendapat hikmah di balik pengalaman pahitnya selama di penjara. Salah satunya adalah buku yang pada akhirnya bisa ia selesaikan.

 

5 dari 5 halaman

Banyak Belajar

"InsyaAllah ada hikmahnya ya, paling enggak buku saya jadi. Itu satu buku yang nggak pernah terjadi. Sudah berulang kali saya mau bikin biografi saya, nggak pernah muncul akhirnya saya tulis sendiri. Itu salah satu hikmah, dan saya lebih banyak belajar," tutup Ratna Sarumpaet.

Lanjutkan Membaca ↓