BTS Absen di Festival Akhir Tahun, MBC Halangi TXT dan GFriend Tampil?

Oleh Ratnaning Asih pada 27 Des 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 27 Des 2019, 18:00 WIB
BTS di Karpet Merah Grammy
Perbesar
BTS tak bisa menghadiri acara musik akhir tahun MBC Gayo Daejejun. (Neilson Barnard/Getty Images/AFP)

Liputan6.com, Seoul - BTS kini merupakan salah satu artis K-Pop paling populer di dunia. Tak heran, dalam acara musik tahunan SBS Gayo Daejeon 2019, Jimin dkk mendapat kehormatan untuk menjadi penampil terakhir.

Hanya saja, BTS ternyata tak bisa menghadiri acara musik akhir tahun yang akan digelar pada 31 Desember mendatang, yakni MBC Gayo Daejejun.

Pasalnya pada waktu yang sama, BTS akan mengisi acara "Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve with Ryan Seacrest 2020” yang digelar di Times Square, New York City, Amerika Serikat.

Namun ketidakhadiran BTS ini diduga berbuntut panjang. Dua grup lain dalam naungan agensi yang sama, TXT dan GFriend, dikabarkan kecipratan getahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menyalahgunakan Kekuasaan?

TXT (Soompi)
Perbesar
TXT. (Soompi)

Dilansir dari Soompi, Kamis (26/12/2019), MBC dituduh menyalahgunakan kekuasaan dengan menghalangi TXT dan GFriend tampil di festival akhir tahun mereka karena BTS absen.

MBC pun dirumorkan mengalami keretakan hubungan dengan agensi yang menaungi BTS, Big Hit Entertainment. Hal ini mulai mengemuka setelah daftar artis yang hadir di acara akhir tahun MBC dirilis. Tak ada nama TXT maupupun GFriend di dalamnya.

Seperti diketahui, TXT berada di bawah Big Hit. Sementara GFriend dikelola Source Music yang diakuisisi Big Hit pada Juli tahun ini.


Banyak yang Kecewa

GFriend (Soompi)
Perbesar
GFriend (Soompi)

Seorang sumber MBC yang dihubungi OSEN mengaku tak tahu alasan pasti TXT dan GFriend absen dalam acara tahunan ini. "Namun, banyak orang yang kecewa BTS tak bisa hadir dalam MBC Music Festival 2019. Khususnya tim produksi pasti kecewa," tutur sumber ini.

Apalagi, BTS hadir dalam acara akhir tahun di SBS dan KBS.


Pernyataan Pelaku Industri

Sejumlah pelaku di industri hiburan yang dihubungi OSEN menyebut bahwa hilangnya nama TXT dan GFriend ini memang ada kaitannya dengan absennya BTS.

 


Fakta Terbuka

"Sejak Oktober, saat pihak BTS berkata kepada MBC bahwa BTS tidak akan hadir pada acara festival musik akhir tahun MBC, sulit untuk musisi lain yang berhubungan dengan Big Hit Entertainment untuk muncul di MBC. Ini adalah fakta yang sudah diketahui secara terbuka dalam industri ini," tutur sumber tersebut.

 


Dibantah Keras

MBC langsung buka suara, menyanggah tuduhan ini.

"Tidak benar bahwa alasan TXT dan GFriend tidak muncul di acara MBC Music Festival karena BTS absen. Keputusan casting dibuat oleh PD [producing director] yang bertugas. Absennya BTS karena aktivitas di luar negeri yang telah dijadwalkan sebelumnya," tutur juru bicara MBC lewat sambungan telepon.


Idol Star Athletics

Media lantas mempertanyakan mengapa TXT tidak diundang dalam acara populer MBC, Idol Star Athletics – New Year Special. "Produser untuk kedua acara ini berbeda, jadi ini sama sekali tidak berhubungan," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya