Sukses

Skandal Produce 101, Jaksa Menolak Ungkap Nama Pemenang Hasil Manipulasi

Meski begitu, ada kemungkinan nama-nama kontestan Produce 101 yang diuntungkan ini bakal bocor secara tak langsung.

Liputan6.com, Seoul - Skandal manipulasi hasil pemenang Produce 101 terus bergulir. Sejumlah temuan yang muncul dari hasil investigasi, membuat publik geleng-geleng kepala. Pasalnya muncul laporan bahwa manipulasi hasil voting ini terjadi di semua musim Produce 101.

Dilansir dari Soompi, Rabu (18/12/2019), sebagian publik menuntut agar data mentah dari hasil voting acara ini dibuka. Alhasil, nama-nama kontestan yang diuntungkan atas manipulasi ini bakal terungkap ke publik.

Sebagian lainnya menganggap pihak berwenang lebih baik fokus pada para tersangka kasus ini sebenarnya, dan tetap merahasiakan nama-nama kontestan Produce 101 tersebut.

Setelah pro kontra beberapa lama, media Korea Selatan Money Today menghubungi sumber dari pihak jaksa penuntut untuk menanyakan apakah nama-nama ini bakal diungkap ke publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tidak Diungkap

Ternyata pihak kejaksaan memilih untuk menyimpan rapat-rapat informasi ini. "Jaksa tidak akan mengungkap siapa anggota hasil manipulasi, termasuk pada masa mendatang," begitu keterangan sumber ini.

3 dari 7 halaman

Ada yang Dirugikan

Sumber ini pun mengungkap alasan pihak mereka mengambil langkah ini. "Bila anggota hasil manipulasi diumumkan, sebagian pihak akan mengalami kerugian sementara yang lain mendapat keuntungan. Tapi ini tak berarti pihak jaksa bisa mengumumkannya."

4 dari 7 halaman

Kerja Jaksa

"Kejaksaan pada dasarnya ada untuk mengungkap fakta dari tindakan kriminal, dan tugasnya adalah mengumpulkan bukti dan menginvestigasi agar hukuman yang setimpal bisa diberikan. Kami tidak melakukan investigasi berdasarkan keinginan penggemar," tutur sumber ini menambahkan.

5 dari 7 halaman

Bisa Bocor

Meski begitu, Money Today menyebutkan ada kemungkinan nama-nama kontestan yang diuntungkan ini bakal bocor secara tak langsung dalam masa persidangan mendatang. Pasalnya, hasil investigasi seperti bukti-bukti, akan dihadirkan.

Namun, pihak kejaksaan tidak akan mengungkap nama-nama ini sebelum persidangan.

6 dari 7 halaman

Delapan Terdakwa

Seperti diberitakan sebelumnya, delapan orang telah didakwa dalam kasus manipulasi ini. Mereka adalah producing director (PD) Ahn Joon Young, chief producer Kim Yong Bum, seorang produser yang tak disebut identitasnya, serta lima eksekutif dari agensi hiburan.

7 dari 7 halaman

20 Desember 2019

Proses persiapan pertama untuk delapan terdakwa ini akan berlangsung pada Jumat, 20 Desember 2019. Namun belum diketahui apakah Ahn Joon Young dan terdakwa lain akan menghadirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini