Frozen 2 Panen Uang Rp 5,6 Triliun, Pecahkan Rekor The Lion King

Oleh Wayan Diananto pada 27 Nov 2019, 17:30 WIB
Diperbarui 27 Nov 2019, 17:30 WIB
Poster film Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
Perbesar
Demam Frozen 2 tak kunjung surut. Di berbagai dunia, petualangan Putri Elsa dan Anna terus membukukan rekor-rekor baru. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Liputan6.com, Jakarta Demam Frozen 2 tak kunjung surut. Di berbagai dunia, petualangan Putri Elsa dan Anna terus membukukan rekor-rekor baru. Per 25 November 2019 misalnya, Frozen 2 membukukan pendapatan kotor 143 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada.

Di negara-negara lain, karya Chris Buck dan Jennifer Lee ini membawa pulang 228,2 juta dolar AS. Dengan total pendapatan 358,5 juta dolar AS pada akhir pekan pertama penayangan, Frozen 2 mencetak rekor baru.

Frozen 2 menjadi film animasi dengan pendapatan akhir pekan pertama tertinggi sepanjang sejarah. Ia menggulingkan The Lion King, sang pemegang rekor sebelumnya dengan duit sebanyak 245,9 juta dolar AS.

2 dari 5 halaman

Susut 64,4 Persen

[Fimela] Frozen 2
Perbesar
Film Frozen 2 bisa disaksikan di seluruh bioskop Indonesia mulai 20 November 2019 (FOTO: doc.Disney Indonesia)

Sehari kemudian, sepak terjang Frozen 2 masih tak terbendung. Film yang diperkuat Idina Mezel dan Kristen Bell meraup total pendapatan 371,3 juta dolar AS. Forbes kemudian memublikasikan data terkini pada Selasa (26/11/2019) siang.

Dalam data itu, Forbes menyebut pendapatan Frozen 2 pada Senin lalu susut 66,4 persen. Dengan menguasai lebih dari 4.400 layar di AS, Frozen 2 masih punya peluang besar meraup jutaan dolar.

3 dari 5 halaman

400 Juta Dolas AS

Olaf dan Kristoff dalam Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
Perbesar
Olaf dan Kristoff dalam Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Forbes menyebut, pada Selasa malam, Frozen 2 telah tembus 400 juta dolar AS atau sekitar 5,6 triliun. Lagi-lagi, pencapaian ini merupakan sejarah baru.

Merespons pencapaian ini, para petinggi Disney tak mau jumawa. Presiden Disney Bidang Pendistribusian Film Bioskop, Cathleen Taff, mengingatkan Frozen jilid pertama menjadi film dengan pendapatan kotor terbesar sepanjang sejarah.

4 dari 5 halaman

Pencapaian Menggembirakan

Salah satu adegan film Frozen 2.
Perbesar
Salah satu adegan film Frozen 2. (Dok. IMDb/ Walt Disney Pictures)

Seperti diketahui, Frozen (2013) mendapat 1,27 miliar dolar AS atau sekitar 17,78 triliun rupiah. Pencapaian ini disempurnakan dengan 2 Piala Oscar untuk Film Animasi Terbaik dan Lagu Tema Terbaik.

"Kami sangat bersemangat. Tidak mudah menindaklanjuti kesuksesan Frozen yang original. Kami optimistis melanjutkan kesuksean Frozen. Sejauh ini Frozen 2 memperlihatkan pencapaian yang menggembirakan," beri tahu Cathleen ketika diwawancara The Guardian, yang dipublikasikan Selasa (26/11/2019).

 

5 dari 5 halaman

Dampak Besar

Salah satu visual Frozen 2 yang dirilis beberapa pekan lalu. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
Perbesar
Kristen Bell. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Kristen Bell, pengisi suara Anna dalam Frozen 2 mengakui, Frozen berdampak besar pada kariernya. Anak-anak mulai mempertanyakan mengapa ibunya sering muncul di iklan televisi dan beroleh popularitas di bioskop.

"Anak-anak tahu tentang pekerjaan saya karena mereka menonton Frozen dan sesekali menyaksikan saya di iklan televisi dan ajang penghargaan," beri tahu Kristen Bell ketika diwawancara CNBC, pekan lalu.

Dari pernikahannya dengan Dax Shepard, Kristen Bell dikaruniai dua anak, yakni Lincoln dan Delta. "Anak-anak berpikir popularitas itu saya dapat karena bekerja. Saya bahagia dan menjaga pola pikir itu," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓