Sukses

Cucu Ketiga Jokowi Lahir, Ini 6 Fakta tentang Sang Bayi

Cucu ketiga Jokowi lahir pada Jumat (15/11/2019) tepat pukul 15.46 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi. Istri Gibran, Selvi Ananda, telah melahirkan bayi perempuan yang juga menjadi cucu ketiga Jokowi, di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo.

Anak kedua Gibran Rakabuming Raka ini lahir pada Jumat (15/11/2019) tepat pukul 15.46 WIB. Tak lama setelah kelahiran cucu ketiga Jokowi ini, Gibran pun menggelar konferensi pers.

Di aula Baitulhikmah RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat sore, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan rasa syukurnya karena cucu ketiga Jokowi ini lahir dengan selamat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Ucapan Syukur

"Alhamdulilah, sore ini anak kami yang kedua sudah lahir. Semua sudah berjalan dengan lancar," ujar pengusaha kuliner itu.

Menyelami kegembiraan Gibran Rakabuming Raka dan keluarga besar Presiden Jokowi, terselip beberapa fakta terkait kelahiran adik Jan Ethes Srinarenda ini. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya.

3 dari 8 halaman

1. Berat dan Tinggi Badan Bayi

Melalui informasi yang didapat, putri kedua Gibran memiliki berat badan 2,92 kilogram dengan panjang 46,5 sentimeter.

4 dari 8 halaman

2. Tak Langsung Umumkan Nama

Meskipun menyebutkan berat dan tinggi badan, Gibran tak langsung mengumumkan nama putrinya itu.

Hingga tulisan ini dibuat, pihak keluarga masih belum mengumumkan nama cucu ketiga Joko Widodo itu.

Presiden Jokowi pun sempat menyatakan tak mau ikut campur soal pemilihan nama. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran.

5 dari 8 halaman

3. Disaksikan Kedua Neneknya dan Menteri Kesehatan

Kelahiran cucu ketiga Jokowi ini disaksikan kedua neneknya, yakni Ibu Iriana Jokowi dan ibunda Selvi Ananda, Sri Partini.

Selain itu kelahiran anak kedua Gibran juga turut disaksikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Saya berterima kasih kepada tim dari KPU dan juga didampingi oleh Pak Menteri Kesehatan. Terima kasih semua," ujar Gibran dalam konferensi pers.

6 dari 8 halaman

4. Jalani Operasi Caesar

Selvi Ananda melahirkan putrinya melalui operasi caesar. Gibran pun sempat menyampaikan bahwa bayi dan ibunya langsung dibawa kembali ke kamarnya usai proses persalinan.

7 dari 8 halaman

5. Dibantu Tim Dokter Kepresidenan

Proses persalinan anak kedua Gibran tak hanya ditangani oleh tim dokter RS PKU Muhammadiyah Solo. Tim dokter kepresidenan pun ikut membantu proses kelahiran ini.

Diketahui, tim dokter yang menangani persalinan ini, sama seperti tim yang menangani kelahiran Jan Ethes pada 2016.

"Tim dokter yang menangani masih sama dengan saat Jan Ethes lahir. Salah satu tim dokter tersebut dr Soffin Arfian. Nanti masih dibantu tim dokter Kepresidenan," ujar Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Solo, Mardiyanto, Jumat.

8 dari 8 halaman

6. Rumah Sakit Disterilkan

Pantauan Liputan6.com, Jumat, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dijaga ketat sebelum kelahiran anak kedua Gibran. Sejumlah anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) sempat terlihat berjaga di beberapa akses masuk menuju bangunan rumah sakit.

Tak hanya itu, sejumlah anggota polisi dan TNI pun memperketat pengamanan di jalan menuju rumah sakit. Bahkan anggota Saptol PP Solo ikut berjaga di sejumlah gang sekitar kawasan rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.