Sukses

Akun Hikmah Kehidupan Tuding Ruben Onsu Jalani Ritual Pesugihan demi Subscriber

Kasus ini telah dilaporkan pihak Ruben Onsu dengan dugaan pencemaran nama baik dan fitnah.

Liputan6.com, Jakarta Saluran YouTube Hikmah Kehidupan menuding bisnis kuliner Ruben Onsu melakukan ritual pesugihan.

Kasus ini telah dilaporkan pihak Ruben Onsu dengan dugaan pencemaran nama baik dan fitnah.

Merespons pelaporan ini, pihak pengelola akun Hikmah Kehidupan, Abri, mendatangi kantor Ruben Onsu di Jakarta, pada Rabu (13/11/2019).

Kedatangannya untuk meminta maaf kepada Ruben Onsu secara langsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Membatalkan Sifat Pidana

"Kesalahan itu pasti wajar dilakukan manusia, kan. Tetapi karena ini sudah masuk ke ranah hukum pidana, maaf atau damai itu tidak bisa membatalkan sifat pidana," terang kuasa Hukum Ruben Onsu, Minola Sebayang, di Rasuna Said, Jakarta Selatan, pada hari yang sama.

Dalam kesempatan itu, pengelola akun menjelaskan alasan membuat konten yang tidak sesuai fakta. Semua dilakukan demi mendapatkan subscribers (akun berlangganan) lebih banyak.

 

3 dari 5 halaman

Banyak Viewers dan Subscribers

"Namanya akun baru. Jadi mereka ingin tayangan itu banyak viewers dan subscribers-nya. Ya pasti mereka akan berpikir apa yang menarik," Minola menyambung.

Namun alasan itu tak bisa dibenarkan. Ruben Onsu telah mengalami kerugian gara-gara tuduhan pesugihan yang dilontarkan sang pemilik akun.

 

4 dari 5 halaman

Dari Konten Robby Purba

Seperti diketahui, presenter Robby Purba membuat konten tentang restoran yang menggunakan ritual pesugihan. Narasumbernya, Roy Kiyoshi dan anak indigo berinisial D.

Aktor kelahiran Bandar Lampung, 25 Juli 1986 ini, bertanya kepada Roy Kiyoshi dan D mengenai restoran mana di Indonesia yang menggunakan pesugihan.

5 dari 5 halaman

Roy Kiyoshi Sebut Inisial

Roy Kiyoshi menyebut inisial R sementara D sang anak indigo menyebut G.

Pemilik saluran YouTube Hikmah Kehidupan mengutip konten itu kemudian menuangkannya dalam bentuk narasi. Sang pemilik konten berasumsi inisial R dan G sebagai bisnis kuliner milik Ruben Onsu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini