Ahn Joon Young Dikabarkan Akui Manipulasi Voting, Bagaimana Nasib Iz*One dan X1?

Oleh Ratnaning Asih pada 07 Nov 2019, 20:30 WIB
X1 dan Iz*One (Soompi)

Liputan6.com, Seoul - Ahn Joon Young, producing director atau PD Produce 101, kini tengah diinvestigasi atas dugaan manipulasi voting acara survival show populer tersebut. Pada Kamis (7/11/2019), SBS News melaporkan secara eksklusif bahwa Ahn Joon Young telah mengakui bahwa ia melakukan manipulasi tersebut.

Pria berkacamata ini disebut telah mengaku melakukan manipulasi dalam dua musim terakhir acara ini, yakni Produce 48 dan Produce X 101.

Namun ia membantah melakukan hal serupa di dua musim perdana waralaba Produce 101. Ahn Joon Young sendiri telah ditahan dengan sejumlah tuduhan, antara lain penipuan dan merusak kepercayaan.

SBS juga menyebutkan bahwa polisi menemukan sejak pertengahan tahun lalu Ahn Joon Young telah ditraktir lebih dari 40 kali oleh perwakilan agensi, di pusat hiburan dewasa. Totalnya, diperkirakan mencapai lebih dari 100 juta won, atau sekitar Rp 1,2 miliar. 

2 of 5

Pro Kontra

X1 (Sumber: tvN)
X1 (Sumber: tvN)

Seperti diketahui, waralaba Produce 101 telah melahirkan empat grup yang terbilang sangat sukses, yakni IOI, Wanna One, Iz*One, dan X1.

Kasus manipulasi voting membuat banyak mata kini tertuju pada Iz*One dan X1, yang beranggotakan para pemenang Produce 48 dan Produce X 101.

Pendapat publik terpecah mengenai apakah kedua grup ini harus dibubarkan atau melakukan perombakan anggota.

3 of 5

Jangan Salahkan Artisnya

Iz*One (Soompi)
Iz*One (Soompi)

Kepada Yonhap News, pengamat kebudayaan Ha Jae Kum berpendapat agar masalah ini tidak dibebankan kepada para pemenang kontes ini, selama mereka tidak terlibat.

"Para penyanyi itu tidak bersalah, jika mereka tidak terlibat dalam manipulasi itu. Mereka hanya melakukan yang terbaik. Stasiun TV dan agensi yang harus disalahkan, bukan penyanyinya," kata dia.

 

4 of 5

Iz*One Kena Imbas

Hanya saja, efek negatif dari isu ini sudah mulai mendera Iz*One. Dilansir dari Soompi, comeback mereka yang rencananya bakal digelar pada 11 November akhirnya diundur.

Sementara itu, sejumlah produser acara variety show masih mendiskusikan apakah akan menayangkan program yang menghadirkan Wonyoung cs. Padahal sejumlah acara sudah merampungkan syuting dengan Iz*One.

"Kami sudah menyelesaikan syuting episode Iz*One. Kami belum memutuskan apakah akan menayangkannya. Kami akan memutuskan setelah melihat hasil investigasi polisi," kata perwakilan dari acara Idol Room. 

 

5 of 5

Kegiatan X1

Sementara itu Yonhap mencatat bahwa X1 yang baru debut pada Agustus lalu, terbilang tidak terlalu banyak beraktivitas di dunia hiburan. Namun, Yohan dkk tetap dijadwalkan untuk menghadiri acara V Live Awards V Heartbeat pada 16 November mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓