Aming Ternyata Alami Gangguan Pendengaran

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 30 Okt 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 30 Okt 2019, 12:23 WIB
Aming

Liputan6.com, Jakarta - Aming Sugandhi yang akrab disapa Aming rupanya memiliki gangguan dalam pendengarannya. Sampai-sampai, sang komedian ini kerap kali memakai alat bantu untuk mendengar.

Pengakuan ini disampaikan sendiri oleh Aming saat menjadi tamu di video kanal Youtube Deddy Corbuzier. Aming pun menegaskan bahwa ia sebenarnya sama sekali tak punya riwayat gangguan pendengaran.

Aming menyatakan bahwa gangguan pendengaran dialaminya akibat dari kelainan paru-paru yang diidapnya. Ia menyadarinya setelah memeriksakan kondisi kesehatannya.

 

2 dari 5 halaman

Ada Efeknya

[Bintang] Aming
Penampilan komedian dan pemeran Aming sering kali membuat menjadi perbincangan. Belum lama ini, mantan suami Evelyn itu berdandan seperti perempuan. Sontak saja warganet pun menjadi heboh. (Instagram/psychodiva2016)

"Gua kan ada kelainan paru-paru, ternyata gua baru tahu kalau misalnya paru-paru itu dari pengobatannya bisa berefek ke pendengaran," urai Aming kepada Deddy Corbuzier dalam video yang diunggah Selasa (29/10/2019).

3 dari 5 halaman

Seperti Bergumam

[Bintang] Eksklusif Aming
Selesai membacakan ikrar talak, Aming membongkar selama ini dipendam. Sebelumnya, pihak Evelyn memberikan pernyataan tak diberi nafkah oleh komedian tersebut. Setelah lama terdiam, Aming mulai buka suara. (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Diutarakan oleh Aming bahwa akibat dari berkurangnya frekuensi pendengaran, membuat ia seperti mendengar orang-orang bergumam saat berbicara kepadanya.

4 dari 5 halaman

Cuma Pakai Satu Alat

Akhirnya, Aming pun menggunakan alat bantu dengar. Namun hanya satu dari dua alat yang dianjurkan.

"Harusnya dua-duanya, pakai tapi gue pakai satu saja. Gua masih dengar tapi beberapa frekuensi saja yang gua tangkap," ujar Aming.

5 dari 5 halaman

Tak Dipakai saat Lelah

Aming lalu menjelaskan bahwa ia tak menggunakan alat bantunya di luar ruangan. Aming cuma memakainya pada kondisi saat ia membutuhkannya.

"Kalau gua lagi capek banget, biasanya gua pakai, karena enggak bisa cover. Ini gua pakai karena gua lagi jetlag. Kalau capek terganggu banget," terang Aming.

Lanjutkan Membaca ↓