Sukses

Daniel Mananta Curhat Bangkit dari Depresi saat Divonis Ada Tumor di Pita Suaranya

Daniel Mananta berbagi pengalaman soal bangkit dari depresi setelah divonis punya tumor.

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad dikabarkan sering kehilangan suara. Kabar terkini menyebut, terdapat benjolan di pita suara Raffi Ahmad. Konon benjolan inilah yang membuat suara Raffi Ahmad sering serak lalu menghilang. Raffi Ahmad lantas mendapat dukungan moral dari sejumlah artis kondang Tanah Air, salah satunya Daniel Mananta

Daniel Mananta merekomendasikan beberapa dokter dan jenis terapi pengobatan buat Raffi Ahmad. Tak hanya kepada Raffi Ahmad, Daniel Mananta juga berbagi pengalaman kepada publik soal bangkit dari depresi setelah divonis punya tumor.

 

Kepada Showbiz Liputan6.com, Daniel Mananta mengatakan penyebab depresi bukan gara-gara divonis tumor jinak oleh dokter. “Saya depresi bukan karena mendengar kata tumor. Lebih ke kayak khawatir dengan identitas saya sendiri,” cerita Daniel Mananta di Plaza Indonesia XXI Jakarta, Selasa (22/10/2019). 

Daniel Mananta menyambung, “Saya dulu tahu banget identitas saya sebagai presenter terkenal tapi ketika saya tidak bisa ngomong lagi dan bukan presenter terkenal lagi maka identitas saya ini siapa? Orang yang pernah terkenal kah?” 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Khawatir Masa Depan

Kekhawatiran terhadap masa depan dan karier setelah kehilangan suara membuat kondisi kejiwaan Daniel Mananta tertekan.

“Wah, itu bikin saya depresi banget. (Saya bertanya kepada diri sendiri) lalu ke depannya saya seperti apa? Saya ketakutan banget, sih saat itu,” ungkap aktor kelahiran Jakarta, 14 Agustus 1981. 

 

3 dari 5 halaman

Support System

Beruntung, dalam kondisi terpuruk Daniel Mananta mendapat dukungan penuh dari keluarga. Support system dari lingkungan terdekat membuat Presenter Terfavorit di ajang Panasonic Gobel Awards 2013 ini perlahan bangkit. 

4 dari 5 halaman

Puasa Bicara

“Keluarga mendukung saya banget. Mereka tahu apa pun yang saya lakukan dari saat depresi sampai sekarang. Itu semua bonus bagi kehidupan saya,” Daniel Mananta menukas. Dokter sempat memintanya puasa bicara. Meski berat, mantan VJ MTV ini menyanggupi. 

5 dari 5 halaman

Sempat Kehilangan Pekerjaan

Konsekuensinya, Daniel Mananta kehilangan sejumlah pekerjaan. “Dulu saat suara hilang saya kehilangan banyak pekerjaan. Sekarang sudah tidak perlu kontrol ke dokter lagi karena proses pengobatan dan pemulihan telah selesai,” pungkas Daniel Mananta. (Wayan Diananto)

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.