Sukses

Rancangan Busana Karya Anna Mariana Banjir Pujian di Ukraina

Anna Mariana menerima banyak pujian usai menggelar karyanya.

Liputan6.com, Jakarta - Perancang busana Anna Mariana mencetak sejarah di dunia fashion Indonesia. Anna mendapat sambutan besar saat mengikuti pameran busana di Feldman Family Museu, di daerah Kharkiv Ukraina, 16 Oktober pukul 18.00 waktu setempat.

Acara yang diprakarsai Kedutaan Besar Republik Indonesia Ukraina bekerja sama dengan Rumah Kreasi Indonesia Hebat ini, mendapat dukungan konglomerat Ukraina, Oleksandr Feldman. Alhasil, Anna Mariana menerima banyak pujian usai menggelar karyanya.

"Alhamdullilah, kerja kreatif kita mendapat tanggapan sangat positif di sini. Ini adalah upaya dan  langkah kita untuk terus melestarikan dan mengembangkan tenun dan songket  bukan hanya di dalam negeri namun juga ke luar negeri seperti sekarang," ujar Anna Mariana usai karyanya digelar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanggapan Duta Besar

Kesuksesan Anna Mariana ini mendapat tanggapan dari Duta Besar RI untuk Indonesia, Yuddy Chrisnandi. "Sepanjang 25 tahun terakhir, baru kali ini bisa kita selenggarakan sebuah pagelaran fashion dari perancang Indonesia, terlebih yang memperlihatkan betapa kayanya ragam tenun dan songket Nusantara," kata Dubes.

Acara yang  dihadiri wartawan dan  tokoh bisnis  ternama dari Ukraina ini  sejak dibuka, memang sudah mencuri perhatian undangan, terutama karena penampilan tari  Bali Trunajaya yang dibawakan  oleh Victoria, gadis Ukraina yang pernah kuliah di ISI Denpasar.

Kemudian terdengan biola yang dimainkan Tengku Rio  melantunkan lagu "Indonesia Pusaka". Di tengah lagu mengalun,  satu persatu peragawati dari Ukraina muncul memeragakan  gaun malam berhijab dengan motif tenun dan songket  nusantara di bawah brand  butik Anna Mariana House of Marsya.

 

3 dari 5 halaman

Gaun Panjang

Pentas berlanjut memunculkan gaun panjang  pas badan dalam balutan warna elektrik, seperti  hijau, merah dan pink  fuchsia  Dan serta merta menyedot perhatian sejumlah  undangan yang dikondisikan menonton dalam posisi berdiri. Mereka  tiba tiba menyeruak ke bagian tengah ruangan museum Feldman,  yang dijadikan catwalk.

60  look busana karya Anna  (dibawakan oleh 18 peragawati dan 5  peragawan) memperlihatkan otentiknya tenun dan songket  nusantara sebagai karya  khas milik Indonesia. "Tambahan  aksen  lace mengkilat  pada bagian tangan  di beberapa gaun  menjadikannya  tampak  modern sekaligus  ekstravaganza," tutur Anna.

"Saya sengaja  menggarap karya  kali ini dalam  beragam motif  tenun dan songket Nusantara, mulai Aceh, Palembang, Betawi Bali, Makasar dan lain-lain," ungkap Anna.

4 dari 5 halaman

Baju Pria

Khusus untuk pakaian pria yang  diproduksi dengan label RMD by House of Marsya  itu, diperlihatkan baju pria slim fit yang sportif dan elegan. 

"Baju pria ini bisa dikenakan untuk acara formal maupun casual. Penggunaan aksen tenun songket pada beberapa bagian, mengesankan pemakainya  tetap modern," kata Raden Mas Dicka dari RMD Collection. 

Di ujung acara muncul  dua Muse menutup kemeriahan fashion show.  Muse pertama Puteri Indonesia 2017,  Bunga Jelitha Ibrani dengan lace super mewah dan aksen  Baron Jepara dengan motif Parang di lengan. 

 

5 dari 5 halaman

Julia Feldman

Muse kedua tampil Julia Feldman (Miss Ukraina sekaligus isteri dari Oleksandr Feldman, pemilik museum tempat digelarnya acara ini). Ia muncul dengan outer dari songket Medan dibaur lace mengkilat pada bagian tangan.

Konglomerat Oleksandr Feldman  yang menyediakan tempat untuk acara, dengan mata berbinar memuji event ini. 

"Spektakuler. Di Ukraina belum pernah ada fashion show digabung dengan live musik seperti malam ini. Spektakuler and unforgettable.  Semua gaun yang ditampilkan  menakjubkan. Termasuk yang dikenakan isteri saya. Koleksi Anna Mariana bisa langsung masuk ke  Barabashova Market!"

Barabashova market adalah sebuah mal terbesar di Ukraina  milik  Oleksandr Feldman  dan menjadi mal terbesar ke 14  di dunia. Oleksandr sendiri  pada hari yang sama dinobatkan Yuddy Chrisnandy sebagai  Konsul Kehormatan RI di Kharkiv.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.