Sukses

Sebelum Joaquin Phoenix, Joker Diperankan 3 Aktor Kaliber Oscar Ini

Konon, tidak sembarang aktor diizinkan menghidupkan karakter Joker.

Liputan6.com, Jakarta Joker alias Arthur Fleck musuh bebuyutan Batman yang punya penggemar garis keras. Konon, tak banyak yang mampu memerankan Joker dan tidak sembarang aktor diizinkan menghidupkan karakter dengan wajah berbedak putih tebal ini.

Ada yang berhasil menjadi Joker, ada pula yang dicibir. Merayakan bangkitnya Arthur Fleck di layar lebar bulan ini, Showbiz Liputan6.com menampilkan 3 aktor kaliber Oscar sebelum Joaquin Phoenix yang sukses menjadi Joker. Salah satunya bisa jadi favorit Anda!

 

1. Jack Nicholson (Batman, 1989)

Batman di tangan Tim Burton adalah Batman di fase terbaik. Begitu penggemar Manusia Kelelawar menilai. Rahasianya terletak pertemuan dua aktor karismatik Michael Keaton sebagai Bruce Wayne dan Jack Nicholson yang jadi Joker.

Di tangan Jack, Joker bukan sekadar badut biang onar. Caranya bersuara hingga gesturnya membuat orang enggan menertawakan dan memilih segan. Para kritikus film mengakui, Joker adalah salah performa terbaik Jack Nicholson. Lewat Joker, peraih tiga Piala Oscar ini diganjar nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik (Musikal atau Komedi) di Golden Globe dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik di BAFTA (penghargaan film tertua di Inggris Raya). Sayang, Oscars berpaling darinya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Heath Ledger (The Dark Knight, 2008)

Tak ada yang lebih baik dari Joker versi Jack Nicholson. Demikian klaim para kritikus dan pencinta komik DC, sampai Christopher Nolan membuat The Dark Knight. Mulut julid kritikus pun mingkem.

Joker di tangan Heath Ladger adalah teror tanpa ampun. Ia mendefinisikan karakter antagonis di level tertinggi. Untuk jadi jahat, tak perlu motivasi atau alasan. Itu sebabnya Joker merampok bank, meledakkan rumah sakit, dan membantai orang tanpa beban. Bruce Wayne alias Batman sampai keki sendiri.

Di The Dark Knight, Joker mencuri panggung Batman. Di The Dark Knight pula, Heath Ledger membuktikan, peran di film superhero juga bisa diganjar piala. Ia mengondisikan Academy Awards tak punya pilihan lain. Heath Ledger menang di Golden Globe, BAFTA, dan Screen Actors Guild Awards. Mau tak mau The Academy memberinya Piala Oscar Pemeran Utama Pria Terbaik. Sayang, piala diberikan setelah ia tiada.

 

3 dari 3 halaman

3. Jared Leto (Suicide Squad, 2016)

Jared Leto membuat publik tercengang lewat peran waria di Dallas Buyers Club. Gara-gara peran itu ia meraih Piala Oscar Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Prestasi ini membuatnya dipercaya memerankan Joker di Suicide Squad.

Sayang, performa Jared Leto tidak secemerlang di Dallas Buyers Club. Ia dinilai gagal meneruskan perjuangan Heath Ledger. Meski jadi nomine Best International Actor di Jupiter Awards dan Best Villain di MTV Movie and TV Awards, Jared Leto malu gara-gara namanya masuk dalam daftar nomine Pemeran Pendukung Pria Terburuk Razzie Awards 2017. Tragis.

(Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini