Sebelum Joaquin Phoenix, Joker Diperankan 3 Aktor Kaliber Oscar Ini

Oleh Liputan6.com pada 03 Okt 2019, 18:30 WIB
Diperbarui 03 Okt 2019, 18:30 WIB
Joker (Warner Bros/ DC Comics)
Perbesar
Konon, tidak sembarang aktor diizinkan menghidupkan karakter Joker. (Warner Bros/ DC Comics)

Liputan6.com, Jakarta Joker alias Arthur Fleck musuh bebuyutan Batman yang punya penggemar garis keras. Konon, tak banyak yang mampu memerankan Joker dan tidak sembarang aktor diizinkan menghidupkan karakter dengan wajah berbedak putih tebal ini.

Ada yang berhasil menjadi Joker, ada pula yang dicibir. Merayakan bangkitnya Arthur Fleck di layar lebar bulan ini, Showbiz Liputan6.com menampilkan 3 aktor kaliber Oscar sebelum Joaquin Phoenix yang sukses menjadi Joker. Salah satunya bisa jadi favorit Anda!

 

1. Jack Nicholson (Batman, 1989)

Jack Nicholson (Batman, 1989). © 1989 Warner Bros via IMDb
Perbesar
Jack Nicholson (Batman, 1989). © 1989 Warner Bros via IMDb

Batman di tangan Tim Burton adalah Batman di fase terbaik. Begitu penggemar Manusia Kelelawar menilai. Rahasianya terletak pertemuan dua aktor karismatik Michael Keaton sebagai Bruce Wayne dan Jack Nicholson yang jadi Joker.

Di tangan Jack, Joker bukan sekadar badut biang onar. Caranya bersuara hingga gesturnya membuat orang enggan menertawakan dan memilih segan. Para kritikus film mengakui, Joker adalah salah performa terbaik Jack Nicholson. Lewat Joker, peraih tiga Piala Oscar ini diganjar nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik (Musikal atau Komedi) di Golden Globe dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik di BAFTA (penghargaan film tertua di Inggris Raya). Sayang, Oscars berpaling darinya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Heath Ledger (The Dark Knight, 2008)

Joker Dianggap Pahlawan dalam Film Batman The Dark Knight
Perbesar
Joker versi Heath Ledger. (Warner Bros)

Tak ada yang lebih baik dari Joker versi Jack Nicholson. Demikian klaim para kritikus dan pencinta komik DC, sampai Christopher Nolan membuat The Dark Knight. Mulut julid kritikus pun mingkem.

Joker di tangan Heath Ladger adalah teror tanpa ampun. Ia mendefinisikan karakter antagonis di level tertinggi. Untuk jadi jahat, tak perlu motivasi atau alasan. Itu sebabnya Joker merampok bank, meledakkan rumah sakit, dan membantai orang tanpa beban. Bruce Wayne alias Batman sampai keki sendiri.

Di The Dark Knight, Joker mencuri panggung Batman. Di The Dark Knight pula, Heath Ledger membuktikan, peran di film superhero juga bisa diganjar piala. Ia mengondisikan Academy Awards tak punya pilihan lain. Heath Ledger menang di Golden Globe, BAFTA, dan Screen Actors Guild Awards. Mau tak mau The Academy memberinya Piala Oscar Pemeran Utama Pria Terbaik. Sayang, piala diberikan setelah ia tiada.

 

3 dari 3 halaman

3. Jared Leto (Suicide Squad, 2016)

Joker dan Robin di Batman v Superman Diduga Sosok yang Sama
Perbesar
Jared Leto sebagai Joker dalam film Suicide Squad. (Warner Bros Pictures)

Jared Leto membuat publik tercengang lewat peran waria di Dallas Buyers Club. Gara-gara peran itu ia meraih Piala Oscar Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Prestasi ini membuatnya dipercaya memerankan Joker di Suicide Squad.

Sayang, performa Jared Leto tidak secemerlang di Dallas Buyers Club. Ia dinilai gagal meneruskan perjuangan Heath Ledger. Meski jadi nomine Best International Actor di Jupiter Awards dan Best Villain di MTV Movie and TV Awards, Jared Leto malu gara-gara namanya masuk dalam daftar nomine Pemeran Pendukung Pria Terburuk Razzie Awards 2017. Tragis.

(Wayan Diananto)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa