Sukses

4 Artis Ini Jadi Wajah Baru di Kursi DPR RI Periode 2019-2024

Sejumlah artis berhasil menduduki kursi di DPR RI Periode 2019-2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pengucapan sumpah janji anggota DPR dan DPD RI periode 2019-2024 akan berlangsung pada 1 Oktober 2019. Penetapan tanggal tersebut disesuaikan dengan habisnya masa jabatan anggota DPR dan DPD RI periode sebelumnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan 575 anggota DPR RI yang tersebar di 80 daerah pemilihan (Dapil). Di antara ratusan anggota tersebut, terdapat 14 artis yang terpilih menjadi wakil rakyat Indonesia.

 

Dari total 14 artis tersebut, empat di antaranya diketahui menjadi wajah baru yang pertama kali melenggang ke Senayan. Siapa saja mereka? Berikut 4 artis yang berhasil menduduki kursi DPR RI periode 2019-2024. 

1. Mulan Jameela

 Melalui surat keputusan yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum bernomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 pada 16 September 2019, Mulan Jameela ditetapkan sebagai anggota DPR RI. Diusung partai Gerindra, Mulan Jameela akan mewakili Dapil Jawa Barat XI. 

Mulan Jameela menggantikan dua rekannya, Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi. Mulan Jameela berhasil menjadi anggota DPR RI usai memenangkan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dalam mempersiapkan diri menjadi anggota dewan, Mulan Jameela terlebih dahulu mengikuti pembekalan anggota MPR RI di Gedung Nusantara IV, Senayan, pada Minggu (29/9/2019). Mulan Jameela hadir dengan mengenakan outer berwarna merah muda lengkap dengan hijab satin berwarna krem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Krisdayanti

Krisdayanti terpilih menjadi anggota legislatif setelah berhasil mengumpulkan sebanyak 132.131 suara. Diusung oleh PDI Perjuangan, Krisdayanti mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur V.

Sama halnya dengan Mulan Jameela, Krisdayanti juga terlihat menghadiri pembekalan anggota MPR RI masa bakti 2019-2024. Pada unggahan di laman Instagram, Krisdayanti terlihat merangkul Mulan Jameela yang berdiri di sisi kanan dirinya. 

"Malam ramah tamah sumpah/janji anggota @dpr_ri, Dpd, Mpr RI periode 2019-2024 menguatkan sinergi & kolaborasi," tulis Krisdayanti, Minggu (29/9/2019).

3 dari 4 halaman

3. Tommy Kurniawan

Diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Tommy Kurniawan berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. Informasi tersebut diketahui dari unggahan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar di Instagram. 

Terdaftar dalam Pemilu 2019 dengan nomor urut satu, Tommy Kurniawan berhasil memperoleh sebanyak 33.988 suara. Ia terpilih mewakili Dapil Jawa Barat V.

Sebelum resmi mengemban tugas sebagai anggota dewan, Tommy terlebih dahulu mengikuti sejumlah pembekalan. Pria 35 tahun ini pernah mengikuti acara orientasi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan pada Agustus 2019 lalu.

4 dari 4 halaman

4. Farhan

Presenter sekaligus aktor Muhammad Farhan atau akrab disapa Farhan juga berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. Diusung Partai Nasdem, Farhan mewakili Dapil Jawa Barat I meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi dengan total suara 52.033.

Dalam akun Instagram, Farhan kerap mengunggah kegiatan sosial dan politik yang menjadi bagian dari kesibukannya saat ini. Beberapa informasi terkait politik juga tak lupa ia bagikan pada pengikutnya.

Sebelumnya, Farhan pernah berencana mencalonkan diri dalam Pemilihan Wali Kota Bandung tahun 2018 bersama PDI Perjuangan. Namun dirinya gagal mencalonkan diri dalam pemilihan tersebut. (Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Krisdayanti adalah seorang penyanyi perempuan asal Indonesia yang pernah tergabung dalam grup 3 Diva bersama Titi DJ dan Ruth Sahanaya.
    Krisdayanti adalah seorang penyanyi perempuan asal Indonesia yang pernah tergabung dalam grup 3 Diva bersama Titi DJ dan Ruth Sahanaya.

    Krisdayanti

  • Mulan Jameela memiliki nama asli Raden Terry Tantri Wulansari. Ia populer sejak bergabung dengan grup vokal Ratu bersama Maia Ahmad.
    Mulan Jameela memiliki nama asli Raden Terry Tantri Wulansari. Ia populer sejak bergabung dengan grup vokal Ratu bersama Maia Ahmad.

    Mulan Jameela

  • Seorang aktor, model dan bintang iklan yang berasal dari Indonesia
    Seorang aktor, model dan bintang iklan yang berasal dari Indonesia

    Tommy Kurniawan

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • DPR RI

  • Farhan

Video Terkini