5 Fakta Ad Astra Film Terbaru Brad Pitt, yang Sedang Tayang di Bioskop

Oleh Liputan6.com pada 24 Sep 2019, 15:40 WIB
Diperbarui 24 Sep 2019, 15:40 WIB
Ad Astra

Liputan6.com, Jakarta - Ad Astra tayang di jaringan bioskop Tanah Air, pekan ini. Ad Astra dibintangi Brad Pitt, Ruth Negga, dan Tommy Lee Jones.

Film ini disutradarai James Gray. Untuk naskah, ditangani James bersama Ethan Gross. Ad Astra mengisahkan astronaut bernama Roy McBride yang melakukan perjalanan di luar tata surya untuk mencari sang ayah.

Ad Astra direspons positif dan digadang-gadang masuk bursa Oscar 2020.

Showbiz Liputan6.com merangkum 5 fakta seputar Ad Astra untuk Anda. Selamat menyimak dan selamat menonton.

 

2 dari 6 halaman

Teknik Akting Brad Pitt

Ad Astra
Ad Astra. (Foto: Twentieth Century Fox)

Performa Brad Pitt di Ad Astra diapresiasi publik. Banyak yang menanyakan teknik aktingnya apakah memakai pendekatan klasik.

“Itu pertanyaan bagus!” seru Brad Pitt saat diwawancara QG, pekan lalu.

“Saya memikirkan performa aktor yang saya suka. Saya tahu kualitas akting mereka meski tak tahu bagaimana mereka melakukannya. Saya tidak tahu bagaimana Anthony Hopkins bisa tampil keren di Remains of the Day atau Gene Hackman di The Conversation. Saya tak tahu bagaimana dan mengapa mereka bisa lakukan itu. Tapi saya tahu mereka berhasil meski bisa gagal juga,” ulasnya.

3 dari 6 halaman

Terinspirasi Bahasa Latin

Ad Astra
Ad Astra. (Foto: Francois Duhamel/Twentieth Century Fox)

Ad Astra yang menjadi judul film, diambil dari bahasa Latin yang artinya menuju bintang. Istilah ini berasal dari ungkapan populer, "Per Aspera Ad Astra" yang artinya melewati kesusahan menuju bintang-bintang.

James Gray secara resmi mengumumkan proyek ini pada awal 2016. Sineas kelahiran 14 April 1969 ini berniat membuat film perjalanan ke luar angkasa dengan pendekatan paling realistis dalam sejarah sinema.

Studio raksasa Fox menggelontorkan dana 100 juta dolar AS (atau 1,4 triliun rupiah) untuk mengeksekusi proyek ini.

4 dari 6 halaman

Kerja Sama yang Tertunda

Ad Astra
Ad Astra. (Foto: Twentieth Century Fox)

James Gray dan Brad Pitt pernah hampir bekerja sama di film The Lost City of Z (2016). Sayang peluang ini kandas karena ketidaksesuaian jadwal. Meski demikian, Brad Pitt masih duduk sebagai salah satu produser eksekutif di film itu.

Ada satu lagi film yang nyaris mempertemukan James Gray dan Brad Pitt tapi batal karena ketidaksesuaian jadwal, yakni The Gray Man.

Film yang diangkat dari novel karya Mark Greaney ini, hingga kini belum terwujud. Setelah dua kali tertunda, Ad Astra-lah yang mempertemukan keduanya.

5 dari 6 halaman

Reuni Sejumlah Aktor

Ad Astra
Ad Astra. (Foto: Twentieth Century Fox)

Ad Astra yang berdurasi 122 menit rupanya jadi ajang kangen-kangenan bagi para pemainnya. Film ini menandai kali kedua kerja sama Brad Pitt dengan Ruth Negga setelah World War Z (2013).

Ad Astra juga mempertemukan kembali Tommy Lee Jones, Donald Sutherland, dan Loren Dean. Sebelumnya, tiga aktor ini tampil bersama di film Space Cowboys, 19 tahun silam.

Para pemain ini direkrut pada 2017. Brad Pitt teken kontrak April 2017. Dua bulan kemudian Tommy menyusul. Ruth, Donald, dan Loren resmi bergabung Agustus 2017.

6 dari 6 halaman

Dampak Merger Fox dan Disney

Ad Astra
Ad Astra. (Foto: Twentieth Century Fox)

Awalnya, Ad Astra dijadwalkan rilis di bioskop Amerika pada 24 Mei 2019 atau bertepatan dengan parade film musim panas. Namun pertunjukan premier Ad Astra di Festival Film Cannes dibatalkan. Otomatis, jadwal rilis bergeser.

Beredar rumor, pembatalan premier dan jadwal rilis merupakan dampak merger Fox dengan Walt Disney.

Akhirnya, Ad Astra beroleh jadwal rilis baru yakni 20 September 2019 di Amerika Serikat. Sementara itu, Inggris berkesempatan menonton Ad Astra dua hari lebih cepat, 18 September 2019. (Wayan Diananto)

Lanjutkan Membaca ↓