Sukses

Pengalaman Candil Manggung Diselimuti Kabut Asap di Riau

Candil mengungkapkan dirinya turut prihatin dengan peristiwa tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan yang saat ini melanda Kalimantan dan Riau menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Permasalahan ini juga tak luput dari perhatian mantan vokalis band Seurieus, Candil.

Candil mengungkapkan dirinya turut prihatin dengan peristiwa tersebut. Candil pun teringat pada pengalamannya ketika pernah tampil di tengah kabut asap di Riau.

"Ke Riau dulu gue pernah (manggung), waktu itu belum bencana yang gede. Itu aja gue udah susah bernafas. Di hotel pun enggak nyaman," ujar Candil, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019).

Candil kemudian menilik kembali kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia saat ini. Menurutnya bencana tersebut adalah tanggung jawab bersama. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merugikan Banyak Pihak

"Sebenarnya kontribusinya enggak cuma bisa menyalahkan pemerintah atau penduduk sana. Kita masing-masing harus saling menjaga," kata Candil menegaskan.

Penyanyi bersuara melengking ini berharap siapapun yang bertanggung jawab atas kebakaran hutan tersebut dapat segera tersadarkan. Masalah ini menurut Candil telah merugikan banyak pihak.

"Orang-orang yang mungkin sengaja bikin kebakaran itu, ya mereka berpikir juga kan, 'Kalau gue bikin kayak gini, ngerugiin negara gue. Yang rugi warga-warga gue juga, keluarga gue juga'," ucap Candil.

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini