Sukses

Reza Rahadian Ungkap Biaya Fantastis Kampanye Film di Ajang Oscars

Reza Rahadian menyebut bahwa biaya kampanye untuk ajang Oscars ini besar.

Liputan6.com, Jakarta - Terpilihnya film Kucumbu Tubuh Indahku mewakili Indonesia di ajang Oscars 2020 menyisakan pekerjaan rumah yang tidak gampang. Anggota The Indonesian Academy Awards Selection Commitee, Reza Rahadian, mengingatkan bahwa tak mudah untuk masuk seleksi Oscars kategori film berbahasa asing terbaik.

Usai dipilih, tim film Kucumbu Tubuh Indahku harus bikin kampanye agar dipertimbangkan anggota The Academy. Reza Rahadian menyebut, biaya kampanye ini besar. Mau tak mau, film Kucumbu Tubuh Indahku mesti siap dengan kampanye ini.

“Jadi kalau ada yang dikirim (ke Oscars kategori Film Berbahasa Asing Terbaik), film itu dilabeli for your consideration only. Kepada siapa? Kepada anggota The Academy. Untuk mempromosikan film ini ke anggota The Academy, rata-rata studio di luar negeri mengeluarkan bujet promosi atau mengampanyekan film sebesar 5 sampai 20 juta dolar AS,” beri tahu Reza Rahadian.

Kurs dolar AS terhadap rupiah saat ini 14 ribuan. Maka, setidaknya film yang berlaga di Oscars 2020 butuh dana kampanye sebesar Rp 280 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan Kampanye

Reza Rahadian menjelaskan, tujuan kampanye ini agar media mengulas dan para anggota The Academy menonton film yang menjadi wakil sebuah negara lalu mempertimbangkannya.

Selain itu, beriklan di sejumlah media ternama. Tahun lalu misalnya, Indonesia diwakili film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak.

Poster dan iklan film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak kerap menghiasi sejumlah media AS. Reza Rahadian lantas mencontohkan Roma, film peraih 3 Piala Oscar termasuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

3 dari 3 halaman

Bujet Fantastis

“Ada contoh terkini yakni film Roma dari Meksiko yang mendapat dukungan biaya kampanye only for your consideration sebesar 25 juta dolar AS (Rp 350 miliar),” beber Reza Rahadian kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Bujet fantastis ini untuk pasang iklan di televisi, menggelar pesta koktail, diskusi panel, iklan di terminal bus, majalah, dan lain-lain.

“Jadi memang tidak mudah, butuh kampanye besar untuk dipertimbangkan anggota The Academy. Belum kampanye saat meraih nomine Oscar,” pungkasnya. (Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini