Tompi Jadi Sutradara karena Manfaatkan Aji Mumpung?

Oleh Liputan6.com pada 17 Sep 2019, 17:00 WIB
Tompi

Liputan6.com, Jakarta - Tompi punya profesi baru yakni sutradara sekaligus penggagas cerita. Penyanyi bernama Teuku Adifitrian ini meluncurkan film anyar Pretty Boys yang dibintangi Deddy Mahendra Desta dan Vincent Rompies.

Film ini mengisahkan dua cowok yang bersahabat sejak kecil lalu mengadu nasib ke Jakarta. Di Ibu Kota, mereka ditawari menjadi pembawa acara talk show berating tinggi. Ide cerita Pretty Boys dicetuskan Tompi. Naskah Pretty Boys dikembangkan Imam Darto. Tompi membantah jadi sutradara karena aji mumpung.

 

Mumpung masih terkenal, mumpung punya ide cerita, dan mumpung ada yang mau membiayai cerita itu jadi film. “Ibu saya saja terkejut (anaknya jadi sutradara film). Begini, saya punya passion bikin film sejak 5 sampai 6 tahun yang lalu. Kalau bertemu orang film, saya mengobrol soal film kok begini kok begitu. Saya dibilang tukang protes padahal belum pernah bikin film,” beri tahu Tompi kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Lewat film ini ia ingin menjawab berbagai pertanyaan yang selama ini muncul saat nonton film. Karena belum pernah bikin film layar lebar, persiapan Tompi sebelum syuting sangat detail. Pelantun “Sedari Dulu” dan “Menghujam Jantungku” memanfaatkan ilmu fotografinya untuk merancang komposisi gambar hingga tone warna. 

2 of 2

Bujet Terbatas

Ekspresi Tompi Saat Jelaskan Wajah Bengkak Ratna Sarumpaet
(Liputan6.com/Faizal Fanani)

“Pemilihan tone color ditentukan sebelum syuting. Kami juga menentukan pemilihan lensa, angle, lalu nanti kamera pakai doli, handheld, atau tripod,” terang penyanyi kelahiran 22 September 1978. Lewat Pretty Boys, Tompi ingin membuktikan bahwa ia dan kru bisa bekerja maksimal dengan bujet terbatas. 

“Bukan berarti saya mau diberi bujet terbatas terus lo, ya,” seloroh Tompi seraya menambahkan, “Proyek ke depan kalau diberi biaya produksi lebih besar, tentu bisa menghasilkan gambar yang lebih gila kreativitasnya.”

 Mulai aktif di belakang kamera, akankah Tompi meninggalkan dunia tarik suara yang membesarkan namanya? “Kalau nyanyi tetap jalanlah. Kan saya enggak mungkin menyanyi sambil jadi sutradara. Kalau sedang di film, nyanyinya jeda dulu, lah,” pungkas Tompi. (Wayan Diananto)

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait