Sukses

Sam Smith Umumkan Panggilan untuk Identitas Gendernya, Bukan Pria atau Wanita

Bahasa Inggris memiliki kata ganti yang berbeda untuk wanita (she/her) maupun pria (he/him). Bagaimana dengan Sam Smith?

Liputan6.com, Los Angeles - Sam Smith rupanya selama ini memiliki pergulatan di dalam dirinya mengenai identitas gender. Berbeda dengan jenis kelamin yang bisa dibedakan secara fisik, identitas gender bersifat abstrak dan berkaitan dengan kesadaran dan pemahaman seseorang, seperti disarikan dari laman Wikipedia.

Setelah lama berpikir keras, Sam Smith akhirnya mencapai kesimpulan tersendiri. Dilansir dari BBC, Sabtu (14/9/2019), ia berada dalam kelompok non-binary: bukan pria maupun wanita.

"Setelah seumur hidup berperang dengan genderku aku memutuskan untuk merangkul diriku seutuhnya, luar dan dalam," tulis Sam Smith dalam unggahan Instagram miliknya, Jumat (13/9/2019).

Sekitar enam bulan lalu, penyanyi 27 tahun tersebut pernah mengungkapkan bahwa ia tak merasa dirinya merupakan pria maupun wanita. "Aku terapung di antara [keduanya]," tuturnya kala itu.

Hanya saja, karena bahasa Inggris memiliki kata ganti yang berbeda untuk wanita (she/her) maupun pria (he/him), lantas bagaimana dengan Sam Smith?

"Aku telah memutuskan untuk mengubah kata gantiku menjadi MEREKA," tulisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merasa Beruntung

Sam Smith merasa dirinya begitu beruntung dikelilingi orang-orang yang mendukungnya. Namun ia sempat merasa deg-degan saat mengumumkan ini, karena tak tahu apa pendapat orang mengenai pengumumannya.

Ia juga berbesar hati bila ada orang yang masih keliru dalam menyebut kata ganti mengenai dirinya.

"Aku mengerti akan ada banyak kesalahan dan keliru dalam menyebutkan gender, tapi aku hanya memohon, mohon agar kalian mencobanya," tutur pelantun "Stay With Me" ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.