Sukses

Billboard Indonesia Rilis 100 Musik Indonesia Populer

Tanggal lagu musik Indonesia bakal dibuat Billboard Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Billboard dikenal sebagai brand musik internasional dan juga di beberapa negara. Nama Billboard internasional bahkan telah lebih dari 103 tahun dikenal dengan 100 tangga lagu internasional. Tahun ini, Billboard Indonesia bakal mengeluarkan 100 tangga lagu musik Indonesia. 

Chief Operations Officer (COO) Billboard Indonesia, Aldo Sianturi mengatakan tangga lagu musik Indonesia bakal segera dirilis. Tangga musik Indonesia ada salah satunya untuk mendukung konten musik Indonesia agar bisa dikenal dunia musik internasional.

"Tangga lagu musik Indonesia pernah ada. Namun setelah sekian lama mati, kami berinisiatif untuk menghidupkannya dengan bendera Billboard tangga lagu Indonesia sebagai penanda lagu jawara pada sebuah teritori," ujar Aldo Sianturi saat berbincang-bincang di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

Nantinya, Billboard pop chart lagu Indonesia bakal mengumpulkan dan menandai lagu-lagu populer. Billboard pop chart lagu Indonesia bakal resmi dirilis pada 25 September 2019.

Billboard Indonesia memandang penting sebuah tangga lagu musik Indonesia. Pasalnya, kemajuan musik Indonesia bisa dilihat dari audience yang berubah-ubah.

"Yang mendengarkan musik saat ini via digital platform dan media masa kini lainnya, semakin masif. Susah menjelaskan dan memetakan apresiasi anak muda terhadap tangga lagu. Padahal di sebuah negara, keberadaan tangga lagu itu penting. Saat ini market tidak lagi dilihat oleh milenial, melainkan zilenial," kata Aldo Sianturi pimpinan Billboard.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memudahkan

Selain itu, masih kata Aldo Sianturi, kehadiran chart lagu Indonesia populer akan memudahkan musisi mengetahui popularitas sebuah lagu yang dinyanyikannya. Atau bahkan yang sedang hype saat itu.

"Oleh karenanya keberadaan chart lagu tidak terpisahkan dengan faktor statistik dan figur," ujar Aldo Sianturi. 

Meski begitu, untuk membangun dan mengumpulkan menjadi sebuah tangga lagu sebenarnya tidak mudah.

"Itulah mengapa penting bagi kami melaunching chart lagu pada 25 September nanti. Karena kami menghimpun data primer dari data Asiri (Asosiasi Industri Rekaman). Asiri dapat data dari digital platform di seluruh wilayah Indonesia. Sekaligus data tambahan dari sektor lainnya, yang memperkuat sebuah data. Termasuk data penjualan sebuah single atau album, juga lagu populer di rumah karaoke," kata Aldo Sianturi.

 

3 dari 3 halaman

Tujuan

Dua goal utama Billboard Indonesia atas keberadaan Billboard tangga lagu Indonesia adalah akurasi dan transparasi. Dengan akurasi dan transparansi yang dibangun dari basis statistik yang kuat, tangga lagu menjadi akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Karena pertimbangan kita pada popularitas sebuah lagu. Tidak yang lain," pungkas Aldo Sianturi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.