Sukses

BJ Habibie Meninggal Dunia, Tengok Kembali Rekam Jejaknya di Layar Lebar

Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie meninggal setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie meninggal setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, sejak 1 September 2019.

Kabar meninggalnya BJ Habibie dikonfirmasi putra Habibie, Thareq Kemal. Meninggalnya BJ Habibie kehilangan besar bagi rakyat Indonesia.

Salah satu yang dikenang dari sosok BJ Habibie, cinta sejatinya untuk sang istri, Ainun Besari. Kisah cinta Habibie dan Ainun diabadikan di film Habibie & Ainun yang tayang pada Desember 2012 dan menyerap 4,5 juta penonton. 

Habibie & Ainun film terlaris kelima sepanjang sejarah. Film ini melahirkan pasangan ikonis Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Piala Citra

Tak hanya sukses di pasar, Habibie & Ainun meraih 3 Piala Citra untuk Pemeran Utama Pria Terbaik, Skenario Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

Terkait pencapaian ini, Bunga Citra Lestari kala itu menyebut, “Peran saya sebagai Ainun menjelaskan dukungan terbesar istri kepada suami. Ia berada di sisinya juga menjadi semangat terbesar dari belakang. Tujuannya agar suami semakin besar.” 

Empat tahun kemudian, prekuel berjudul Rudy Habibie beredar di bioskop dan menyedot perhatian 2 juta penonton. Film ini meraih 9 nominasi Piala Citra di FFI 2016.

 

 

3 dari 3 halaman

Ikon Cinta Sejati

Kini, biografi Ainun akan diangkat ke layar lebar dengan bintang Maudy Ayunda. Ia membenarkan Habibie dan Ainun ikon cinta sejati. 

Sebagai suami, Habibie menemani Ainun melewati masa tersulit saat melawan kanker ovarium. Bertahun-tahun berlalu setelah Ainun mangkat, Maudy Ayunda mengaku masih melihat cinta yang begitu besar dalam sorot mata Habibie.

“Saat mengobrol dengan Eyang Habibie, saya melihat cinta yang besar kepada Eyang Ainun di (sorot) mata beliau. Saya merasakan cinta tapi juga kesedihan, kehilangan, dan kesepian semenjak Eyang Ainun meninggal,” ungkap Maudy Ayunda kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, bulan lalu. (Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini