Beginilah Sosok Mendiang Anton Issoedibjo di Mata Harvey Malaihollo

Oleh Telni Rusmitantri pada 11 Sep 2019, 10:00 WIB
Anton Issoedibjo

Liputan6.com, Jakarta - Industri musik Tanah Air kehilangan salah satu musisi hebat. Anton Issoedibjo mengembuskan napas terakhir di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2019) pukul 22.55 WIB. Berita duka itu juga sampai ke telinga Malaihollo. 

"Ya saya sudah dengar juga dari tadi malam (kabar meninggalnya Anton Issoedibjo). Sekarang saya siap-siap  mau ke rumah duka," kata penyanyi senior bersuara emas ini saat dihubungi Showbiz Liputan6.com, Rabu (11/9/201) pagi. 

Harvey menjelaskan, dia sudah tak cukup sering berkomunikasi lagi dengan sang musisi. "Sudah lama sekali. Kalau tidak salah dia menderita stroke kan sudah lebih dari 10 tahun. Tapi saya merasa kehilangan, dunia musik Indonesia juga merasa kehilangan," ungkap salah satu juri Golden Memories Asia 2019 di Indosiar ini.

Anton Issoedibjo mendirikan grup vokal Geronimo. Dan Harvey menjadi salah satu anggota di Geronimo V, di era tahun 1980-an. "Ya, saya bersama Rafika Duri dan Lex's Trio jadi personel Geronimo V kan," katanya. Nama-nama yang disebut dikenal sebagai penyanyi kodang di tahun 1980an dan melegenda sampai saat ini. 

 

 

2 of 3

Lagu Lady

[Fimela] Harvey Malaiholo
(Nurwahyunan/Fimela.com)

Rafika Duri sempat berduet dengan Harvey di beberapa nomor lagu yang ngehit di akhir tahun 1970-an dan tahun 1980-an. Fika, adalah adik ipar mendiang Anton Issoedibjo. Dr. Sonny Kusuma Issoedbijo adalah adik kandung Anton. 

Suami Fika juga dikenal sebagai pendiri Radio Geronimo di Yogyakarta. "Sekarang Fika jadi direkturnya di sana kan," tambah Harvey. Di mata Harvey, Anton adalah sosok seniman tulen dan bekerja penuh dengan totalitas. "Dia kan dokter. Tapi enggak praktik, malahan lebih kuat passion seninya," katanya.

Lagu "Lady" yang diciptakan Anton dan dibawakan Harvey bertarung di World Popular Song Festival in Tokyo 1982. Di ajang itu juga sempat tampil Celine Dion dan Byan Adams sebagai peserta. Sama seperti Harvey mereka belakangan menjadi penyanyi kondang hingga kini.

3 of 3

Geronimo

Anton Issoedibyo (Dok. Facebook)
Anton Issoedibyo (Dok. Facebook)

Setelah kemenangan lagu "Lady" di tahun 1982, Harvey menjelaskan tak cukup sering lagi berkolaborasi dengan Anton Issoedibjo. "Setelah itu kan saya seringnya bawkaan lagu Elfa Secioria di festival," kata ayah 2 anak ini. Sama seperti Anton, mendiang Elfa Secioria mendirikan grup vokal Elfa's Singers di akhir tahun 1980-an. 

Harvey mengungkapkan cukup banyak kenangan dengan mendiang Anton. "Setahun sebelum bawakan lagu Lady, kami nonton festival menyanyi di ajang yang sama. Waktu itu yang berlaga lagu "Siksa" ciptaan Titiek Hamzah dan dibawakan Hetty Koes Endang," papar Harvey. "Keluarga saya juga kenal dekat dengan keluarga Mas Anton, begitu juga sebaliknya," tambahnya. 

Lanjutkan Membaca ↓