Sukses

3 Pertanyaan Giovanni Tobing setelah Jadi Mualaf

Dalam sebuah sesi tanya jawab, Giovanni Tobing sempat melempar tiga pertanyaan kepada Ustaz Abdul Somad.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari pesinetron Giovanni Tobing. Rupanya, Giovanni Tobing sudah menjadi mualaf sejak beberapa tahun yang lalu. Hal ini diketahui dari kemunculan Giovanni Tobing di Pengajian Musawarah yang menghadirkan Ustaz Abdul Somad.

"Hari ini hari pertama saya ikut Pengajian Musawarah langsung dapat kesempatan untuk bertanya. Saya seorang mualaf. Saya memeluk Islam setelah saya menikah dan saya merasa Islam suatu agama yang luar biasa," ungkap Giovanni Tobing dikutip dari channel Vertizone TV, Selasa (3/9/2019).

Giovanni Tobing pun mengaku masih berusaha untuk memperdalam agama Islam. Pesinetron Orang Ketiga ini ingin menjadi seseorang yang lebih baik di agama Islam dengan mulai membiasakan salat lima waku.

"Waktu sebelum saya memeluk agama Islam, saya ke gereja pun setahun sekali sudah syukur. Tapi saya bertransformasi jadi seseorang yang berusaha untuk menjadi lebih baik di Islam sampai bisa salat lima waktu, mempelajari yang lain-lain," ujar Giovanni Tobing.

Dalam sesi tanya jawab, Giovanni Tobing sempat melempar tiga buah pertanyaan kepada Ustaz Abdul Somad. Berikut adalah pertanyaannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertanyaan Pertama

"Bagaimana kita tahu kita memilih guru, caranya memilih guru untuk memandu kita supaya kita tidak berjalan di jalan yang salah?" tanya Giovanni Tobing.

Dalam menjawab pertanyaan dari Giovanni Tobing, Ustaz Abdul Somad memberikan sebuah perumpamaan. Ustaz Abdul Somad menceritakan kisah Umar bin Khattab ketika khawatir tidak akan ada yang meluruskan jalannya.

"Ketika Umar bin Khattab jadi khalifah, dia menangis. Kenapa? Khawatir ketika dia melakukan kesalahan tidak ada sahabat yang bisa meluruskan dia. Tapi kemudian ketika ada sahabat berkata, 'Kalau kau salah wahai Umar bin Khattab, aku akan meluruskanmu', dia (Umar bin Khattab) peluk. 'Alhamdulillah masih ada hamba Allah yang meluruskan'," jawab Ustaz Abdul Somad.

3 dari 4 halaman

Pertanyaan Kedua

"Dan kalalu kita sudah memilih (guru), bagaimana kita tahu kalau guru pilihan kita itu benar?" tanya Giovanni Tobing.

Ustaz Abdul Somad menjawab bahwa dalam mencari guru di agama Islam harus mematuhi tiga standar. Menurut Ustaz Abdul Somad, ketiga standar itu adalah Alquran, sunnah, dan mengikut ulama Ahlussunnah wal Jama'ah.

4 dari 4 halaman

Pertanyaan Ketiga

"Saya ada sedikit tahu kalau di dalam Islam itu ada beberapa mazhab. Mazhab apa yang kira-kira bisa dan cocok untuk saya dan bagaimana saya memilihnya?" tanya Giovanni Tobing.

Ustaz Abdul Somad menjawab untuk memilih mazhab disesuaikan dengan guru yang dipilih. Selain itu, mazhab yang dipilih juga harus membuat seseorang tenang dalam beramal.

"Jadi dalam hal ini kita berguru, ikut guru kita yang selamat dari syirik, yang selamat dari bid'ah dholalah, yang selamat dari kesesatan, dan kita tenang beramal," jawab ustaz Abdul Somad.

(Maria Advensiani/mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini