Gandeng Chelsea Islan, Sonia Wibisono Dukung Kampanye Cegah Kanker Payudara

Oleh Liputan6.com pada 03 Sep 2019, 05:30 WIB
Diperbarui 20 Sep 2019, 11:49 WIB
[Bintang] Dr. Sonia Wibisono

Liputan6.com, Jakarta - Penanganan serius terhadap kanker payudara masih terus digencarkan oleh banyak pihak. Bahkan, Dokter Sonia Wibisono dan Chelsea Islan tak lepas menyorot penyakit mematikan tersebut.

Dokter Sonia Wibisono dan Chelsea Islan pun mengampanyekan cara mencegah kanker payudara sejak dini. Keduanya menyerukan pentingnya edukasi dan sosialisasi deteksi dini kanker payudara kepada masyarakat secara masif.

"Sangat baik apabila kita bisa meningkatkan pemahaman pentingnya mencegah dan melakukan deteksi dini secara regular," ujar Sonia Wibisono dalam bincang santai dengan wartawan dalam persiapan menyambut bulan kepedulian kanker payudara Internasional di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2019).

Sementara itu, Chelsea Islan menginformasikan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara. Ia menyebut bahwa cara yang ampuh adalah dengan rutin berolahraga ringan maupun berat, sedikitnya tiga jam setiap minggu.

 

2 dari 3 halaman

Berkolaborasi

[Fimela] Chelsea Islan
Chelsea Islan

Bersama Sonia Wibisono dan Airyn Tanu, Chelsea Islan ingin membantu penderita kanker payudara. Mereka berkolaborasi dengan Lovepink Indonesia yang pada Oktober mendatang akan mengadakan kampanye pencegahan dini kanker payudara.

"Saya, Sonia dan Airyn akan membuat pendant dari batu Safir berwarna pink, dan nanti hasilnya diberikan untuk edukasi bahaya kanker payudara dan juga memberikan fasilitas pengecekan Momogram. Kita jual pendant itu untuk amal edukasi kanker payudara," jelas aktris yang belakangan ditunjuk memerankan pahlawan super bernama Tira ini.

Berdasarkan data dari GLOBOCAN dan WHO, Dokter Sonia Wibisono menyatakan kekhawatirannya melihat meningkatnya pasien penderita kanker payudara tahap lanjut di Indonesia. Menurutnya, kanker payudara sebetulnya masih bisa diobati jika dapat dideteksi saat stadium awal.

3 dari 3 halaman

Mewanti-wanti

[Bintang] Dr. Sonia Wibisono
Dr. Sonia Wibisono (Nurwahyunan/bintang.com)

Dokter Sonia sangat wanti-wanti agar para perempuan Indonesia harus waspada terhadap kesehatan payudaranya. Pasalnya, penyakit tersebut pernah menimpa mendiang ibundanya yang meninggal karena kanker payudara di usia 53 tahun pada 1998.

Sonia dan Chelsea telah berkomitmen akan ikut mendukung acara Lovepink yang bentuknya bisa dalam bentuk talk show maupun sebagai nara sumber. 

Lovepink dikenal sebagai organisasi nirlaba yang ingin membantu menyelamatkan lebih masyarakat Indonesia dari kanker payudara.

Lanjutkan Membaca ↓