4 Fakta Keren TVXQ, Duo yang Baru Konser di Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 02 Sep 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 02 Sep 2019, 17:00 WIB
TVXQ
Perbesar
Kedua member TVXQ mengaku sangat senang karena akhirnya bisa manggung di Indonesia. (Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Sabtu (31/8/2019) kemarin, TVXQ gelar konser perdananya di Indonesia setelah 16 tahun merintis karier. Konser yang digelar di ICE BSD Tangerang dan bertajuk "TVXQ Concert Circle #With" ini, mendapat sambutan yang antusias dari Cassiopeia, julukan bagi penggemar duo Changmin dan Yunho.

TVXQ yang membawakan 23 lagu dalam konsernya di Tanah Air, banyak memberikan persembahan khusus untuk Cassiopeia Indonesia. Kedua member membawakan sejumlah lagu lama yang tidak dihadirkan di negara-negara lain dalam rangkaian tur konser TVXQ.

Kedua member TVXQ mengaku sangat senang karena akhirnya bisa manggung di Indonesia. Mereka terkejut ketika melihat venue konser yang terisi penuh. Bahkan Changmin merasa menyesal karena baru kali ini menggelar konser di Indonesia.

Sukses guncang Indonesia, berikut empat fakta tentang TVXQ

2 dari 3 halaman

1. Perubahan Rencana

[Bintang] Sukses Besar, Ini 8 Boyband yang Albumnya Terjual Laris Manis
Perbesar
TVXQ. (Foto: soompi.com)

Aslinya, boyband naungan SM Entertainment ini beranggotakan lima orang. Namun, ketiga anggota memutuskan untuk hengkang.

Rencana awalnya, setiap anggota akan debut sebagai penyanyi solo atau menjadi leader dari grup yang berbeda. Namun, karena kala itu SM Entertainment memiliki masalah keuangan, agensi memilih lima trainee yang paling berbakat dan membentuk TVXQ sebagai grup acapella-dance.

2. Selamatkan Industri K-Pop

Awal tahun 2000-an menjadi tahun yang berat bagi industri K-Pop. Masyarakat Korea mulai kehilangan minat mereka pada grup idol. Kehadiran TVXQ membawa angin segar bagi industri K-Pop.

TVXQ mampu menjual album mereka dengan jumlah yang fantastis. TVXQ meraih popularitas yang besar di Asia ketika mereka kembali dengan "Mirotic" pada 2008. Hal ini yang menjadi pintu pembuka bagi K-Pop untuk melebarkan sayapnya di Asia.

 

3 dari 3 halaman

3. Masuk Guinness World Record

Konser TVXQ 2019 Panggung di ICE BSD Tangerang
Perbesar
TVXQ tampil menghibur penonton saat konser perdana bertajuk Circle di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (31/8/2019). Boyband TVXQ dengan personel Shim Changmin dan U-Know Yunho membawakan 20 lagu dihadapan penggemarnya yang akrab disapa Cassiopeia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Nama TVXQ berhasil masuk dalam Guinness World Record. Tidak hanya satu rekor, tapi dua rekor. Yang pertama, duo ini dinobatkan sebagai grup yang memiliki klub penggemar resmi berbayar terbesar tahun 2008.

Setahun setelahnya, TVXQ kembali menoreh rekor baru sebagai boy group yang paling banyak difoto. Sejak debut awal pada 2003 hingga 2009, TVXQ telah difoto sekitar 500 juta kali.

 

4. Grup K-Pop Berpenghasilan Tinggi

Pada 2009, tvN ENEWS mengungkapkan pendapatan artis K-Pop. TVXQ menduduki posisi pertama dengan angka pendapatan US$109 juta, diikuti oleh Rain dan Big Bang. Pendapatan ini melonjak pada 2013, di mana TVXQ menghasilkan pendapatan sebesar US$1,1 miliar.

Pada 2018, media Korea Cidermics melaporkan TVXQ menghasilkan pendapatan sebesar US$2 miliar hingga saat itu. Hal ini menjadikan TVXQ sebagai grup berpenghasilan tertinggi dalam sejarah K-Pop.

 

(Maria Advensiani/mgg)

Lanjutkan Membaca ↓