Sukses

4 Fakta Keren TVXQ, Duo yang Baru Konser di Indonesia

Kedua member TVXQ mengaku sangat senang karena akhirnya bisa manggung di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sabtu (31/8/2019) kemarin, TVXQ gelar konser perdananya di Indonesia setelah 16 tahun merintis karier. Konser yang digelar di ICE BSD Tangerang dan bertajuk "TVXQ Concert Circle #With" ini, mendapat sambutan yang antusias dari Cassiopeia, julukan bagi penggemar duo Changmin dan Yunho.

TVXQ yang membawakan 23 lagu dalam konsernya di Tanah Air, banyak memberikan persembahan khusus untuk Cassiopeia Indonesia. Kedua member membawakan sejumlah lagu lama yang tidak dihadirkan di negara-negara lain dalam rangkaian tur konser TVXQ.

Kedua member TVXQ mengaku sangat senang karena akhirnya bisa manggung di Indonesia. Mereka terkejut ketika melihat venue konser yang terisi penuh. Bahkan Changmin merasa menyesal karena baru kali ini menggelar konser di Indonesia.

Sukses guncang Indonesia, berikut empat fakta tentang TVXQ: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Perubahan Rencana

Aslinya, boyband naungan SM Entertainment ini beranggotakan lima orang. Namun, ketiga anggota memutuskan untuk hengkang.

Rencana awalnya, setiap anggota akan debut sebagai penyanyi solo atau menjadi leader dari grup yang berbeda. Namun, karena kala itu SM Entertainment memiliki masalah keuangan, agensi memilih lima trainee yang paling berbakat dan membentuk TVXQ sebagai grup acapella-dance.

2. Selamatkan Industri K-Pop

Awal tahun 2000-an menjadi tahun yang berat bagi industri K-Pop. Masyarakat Korea mulai kehilangan minat mereka pada grup idol. Kehadiran TVXQ membawa angin segar bagi industri K-Pop.

TVXQ mampu menjual album mereka dengan jumlah yang fantastis. TVXQ meraih popularitas yang besar di Asia ketika mereka kembali dengan "Mirotic" pada 2008. Hal ini yang menjadi pintu pembuka bagi K-Pop untuk melebarkan sayapnya di Asia.

 

3 dari 3 halaman

3. Masuk Guinness World Record

Nama TVXQ berhasil masuk dalam Guinness World Record. Tidak hanya satu rekor, tapi dua rekor. Yang pertama, duo ini dinobatkan sebagai grup yang memiliki klub penggemar resmi berbayar terbesar tahun 2008.

Setahun setelahnya, TVXQ kembali menoreh rekor baru sebagai boy group yang paling banyak difoto. Sejak debut awal pada 2003 hingga 2009, TVXQ telah difoto sekitar 500 juta kali.

 

4. Grup K-Pop Berpenghasilan Tinggi

Pada 2009, tvN ENEWS mengungkapkan pendapatan artis K-Pop. TVXQ menduduki posisi pertama dengan angka pendapatan US$109 juta, diikuti oleh Rain dan Big Bang. Pendapatan ini melonjak pada 2013, di mana TVXQ menghasilkan pendapatan sebesar US$1,1 miliar.

Pada 2018, media Korea Cidermics melaporkan TVXQ menghasilkan pendapatan sebesar US$2 miliar hingga saat itu. Hal ini menjadikan TVXQ sebagai grup berpenghasilan tertinggi dalam sejarah K-Pop.

 

(Maria Advensiani/mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini