Sukses

Masih Kecil, Anak Ratna Galih Sudah Mahir Gendong Bayi

Ratna Galih menceritakan suka-duka mengurus lima anak sekaligus.

Liputan6.com, Jakarta - Usai melahirkan bayi kembar pada Juli lalu, kini Ratna Galih memiliki lima orang anak. Lima anak tersebut terdiri dari tiga laki-laki yang bernama Shelby, Madiba, dan Benjamin, serta sepasang bayi kembar laki-laki dan perempuan bernama Shaldy dan Shelma.

Pada Rabu (29/8/2019), Ratna Galih mengunggah sebuah foto di akun Instagram pribadinya @ratnagalih. Foto tersebut menampilkan kebersamaan Ratna Galih dengan lima orang anaknya.

Ratna Galih terlihat sedang menggendong Shelma. Di samping Ratna Galih, terlihat pula tiga putranya dengan anak pertamanya, Shelby sedang menggendong adik bayi laki-laki, Shaldy.

Dalam unggahan tersebut, Ratna Galih juga menuliskan curhatan panjang. Ia bercerita bahwa memiliki lima anak merupakan hal yang sulit sekaligus mudah. "Punya anak 5? Susah susah gampang... kaya di foto ini, deg degan ga sih liat shelby gendong bayi... ya iya lah, namanya juga masih kecil.." ujar Ratna Galih.

Meski Ratna Galih terlihat membiarkan anaknya menggendong bayi, ia sesungguhnya masih takut dengan cara anaknya dalam menggendong. "Tapi sebenernya dia udh bisa gendong, cumanya liatnya serem aja.. apalagi cara gendongnya beda sama kita, dia lebih nyaman gendong dengan caranya dia (lebih kepegang babynya) katanyaaa.." ungkap Ratna Galih. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Mengawasi

View this post on Instagram

Punya anak 5? Susah susah gampang... kaya di foto ini, deg degan ga sih liat shelby gendong bayi... ya iya lah, namanya juga masih kecil.. tapi sebenernya dia udh bisa gendong, cumanya liatnya serem aja.. apalagi cara gendongnya beda sama kita, dia lebih nyaman gendong dengan caranya dia (lebih kepegang babynya) katanyaaa.. blm lagi deg2an karna kontrolnya belum maksimal kaya kita, tapi sedini mungkin memang harus belajar karna ya banyak adenya.. kadang emang mommy butuh bantuan mereka buat jaga ade2nya... tanya orang dulu gimana caranya jaga anak banyak.. katanya ya memang kita harus ajarin anak2 yg udh gede dan kasih tanggung jawab.. mostly kakak yg paling tua yang bantuin ibunya... itu juga yg aku rasain dan terapin, tapi harus selalu dalem pengawasan kita di foto ini pun daddynya anak2 2 steps away from shelby, jadi bisa sugap.. dan kl udh banyak gini, there is no way we can be “perfect mom” kadang ada yg komentar itu anaknya nangis kok di diemin.. ya namanya juga tangan cuma 2, ga bisa gendong sekaligus.. paling cuma bisa mengucap cup cup cup... mau anak 1 atau 2 atau banyak pun kita ga bisa jadi yang tebaik, tapi cukup berusaha memberikan yg terbaik semampu kita.. dan kemampuan ibu pun ber beda beda.. jadi buat yg mau komen ga takut yah anaknya gendong bayi... well takut banget cuy, tapi kita pun harus memberikan kepercayaan sAma anak kita.. karna itu akan menjadi “obat pedenya” mereka yang akhirnya melahirkan rasa percaya diri, tanggung jawab, sayang, dan keterlibatan dalam dirinya yg ujung2nya make a good team.. keluarga yg berhasil menurut aku yg semua terlibat dan saling membantu.. menurut aku loh yah.. jadi kakak2 nya tidak merasa si bayi mendapatkan perlakuan special krn mereka tau memang bayi membutuhkan special treatment krn merekapun terlibat dalam proses mengasuh nya itu... sekedar shareing aja sih, smoga bermanfaat dan.. Btw di slide pertama fotonya masih pada malu2 tapi di slide berikutnya malah malu2in 😂 Dan di slide terakhir muncul lah penampakan yg siap siaga 2 langkah dari shelby jaga2 takut dia pegel pas foto 😀

A post shared by Ratnagalih (@ratnagalih) on

Ratna Galih kemudian menekankan bahwa mengajarkan anak untuk menggendong bayi memang ditanamkan dalam keluarganya. Ratna Galih menceritakan, dirinya terkadang membutuhkan bantuan dari anak-anaknya yang sudah cukup besar dalam menjaga adik-adik yang masih kecil.

"Tapi sedini mungkin memang harus belajar karna ya banyak adenya.. kadang emang mommy butuh bantuan mereka buat jaga ade2nya..." tutur Ratna Galih.

Kendati demikian, Ratna Galih tidak sepenuhnya memberikan tanggung jawab menggendong bayi pada anak-anaknya. Ia dan suaminya, Sawkani, tetap melakukan pengawasan dan pendampingan pada anak-anaknya. "Tapi harus selalu dalem pengawasan kita di foto ini pun daddynya anak2 2 steps away from shelby, jadi bisa sigap.." jelas Ratna Galih.

3 dari 3 halaman

Dipuji Sahabat

Ratna Galih akhirnya menutup tulisan tersebut dengan menyampaikan beberapa nasihat. Ratna Galih mengaku ia hanya berusaha untuk memberikan upaya terbaik bagi anak-anaknya.

Sahabat Ratna Galih yang membaca tulisan itu pun terenyuh. Mereka memuji kehebatan Ratna Galih dalam mengurus anak-anaknya.

Intan Nuraini menuliskan pujiannya kepada anak sulung Ratna Galih yang berbunyi, "Love bgt sama si abang...hebat udh bantu mommy."

Sementara itu, terlihat pula Ryana Dea dengan akun Instagram @ryana_dea membalas, "Ibu HEBAT." Ia juga membubuhkan gambar hati berwarna merah di akhir komentarnya. (Affiyah Tri Yuni Sari/mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini