Sukses

Jokowi Siapkan Ibu Kota Baru, 4 Artis Ini Berikan Dukungan Penuh

Tak sedikit selebritas Tanah Air yang memberikan dukungan atas keputusan Jokowi memindahkan ibu kota Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dihebohkan dengan beredarnya wacana ibu kota baru Indonesia. Jokowi menilai Jakarta menanggung beban terlalu berat sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat bisnis di Indonesia.

Pada Senin (26/8/2019), Jokowi mengunggah sebuah ilustrasi peta yang difokuskan pada wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Jokowi menyimpulkan bahwa wilayah ibu kota baru Indonesia adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Hasil kajian-kajian tersebut menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," jelas Jokowi, pada unggahan ilustrasi peta ibu kota baru tersebut.

Tak sedikit selebritas Tanah Air yang memberikan dukungan atas keputusan Jokowi tersebut. Siapa saja mereka?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mario Ginanjar

Salah satu personel Kahitna, Mario Ginanjar meninggalkan komentar di unggahan Jokowi. Dalam kolom tersebut, ia memberikan dukungan atas ditetapkannya ibu kota baru Indonesia.

"Saya mendukung keputusan besar ini karena saya yakin sudah melalui pertimbangan yang matang dan terencana demi pemerataan dan kehidupan Indonesia yang lebih baik", tulis Mario Ginanjar.

Selain memberikan dukungan, Mario Ginanjar juga berharap pemerintah memperhatikan aspek lingkungan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Ia tampak mengkhawatirkan kondisi alam ibu kota baru Indonesia.

"Tapi saya mohon dengan sangat, tetap lindungi hutan tropis beserta segala flora dan faunanya yang sudah lebih dulu tinggal di tanah Indonesia sebelum manusia ada. Saya yakin Bapak pasti bisa mengatur keseimbangan antara pembangunan dan kelestarian alam Indonesia", ujar Mario Ginanjar.

 

3 dari 5 halaman

2. Amel Carla

Amel Carla memiliki perasaan yang campur aduk terkait kebijakan Jokowi dalam menentukan Provinsi Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru Indonesia.

"Senang karena akhirnya Jakarta setelah kurang lebih 500 tahun di eksploitasi menjadi pusat pemerintahan sekaligus ibu kota negara, untuk pertama kalinya kota metropolitan ini dapat beristirahat dari tugasnya menjadi ibu kota negara Indonesia," kata Amel Carla saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Meski senang, namun Amel Carla memiliki kesedihan di dalam hatinya. Ia mengkhawatirkan akan potensi kerusakan lahan hutan di Kalimantan Timur.

"Tapi di sisi lain sedih, karena kita akan kehilangan sebagian wilayah dari salah satu hutan terbesar dan terluas yang ada di Indonesia beserta isinya. Karena nanti akan dibangun ibu kota negara di atasnya," ungkap Amel Carla.

 

4 dari 5 halaman

3. Yuki Kato

Yuki Kato rupanya pernah tinggal di Kalimatan Timur. “Saya pernah tinggal di Kalimantan Timur. Dari playgroup, TK B, sampai kelas 1 SD,” beri tahu Yuki Kato, kepada Showbiz Liputan6.com, di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Yuki Kato merespons positif keputusan Jokowi dalam menetapkan ibu kota baru Indonesia. Menurut Yuki Kato, Jakarta akan tetap maju meski tak lagi jadi pusat pemerintahan.

 

5 dari 5 halaman

4. Alya Nurshabrina

Alya Nurshabrina juga terlihat berkomentar pada unggahan Jokowi di Instagram. Miss Indonesia 2018 itu mengungkapkan kegembiraannya dan menunjukkan dukungan penuh.

Alya Nurshabrina mengucapkan selamat atas terpilihnya Provinsi Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia. "Wowww congrats kaltim," tulis Alya Nurshabrina dalam kolom komentar di akun Instagram Jokowi.

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini