Sukses

Profil 11 Personel X1, Grup Baru Lulusan Produce X 101

Boyband X1 debut pada 27 Agustus 2019 dengan album bertajuk Quantum Leap.

Liputan6.com, Seoul - X1, grup yang terbentuk dari survival show Produce X 101, akhirnya debut pada hari ini, Selasa (27/8/2019). Pada tanggal yang sama, X1 juga melangsungkan pertunjukan debut mereka di venue prestisius Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan.

Boyband X1 yang berada di bawah naungan Swing Entertainment ini, debut dengan album bertajuk Quantum Leap. 

Sebelum debut resminya, boyband X1 terlebih dahulu menyuguhkan teaser video klip debutnya berjudul "Flash". Saat berita ini ditulis, teaser tersebut telah disaksikan lebih dari 1 juta kali.

Boyband X1 memiliki total personel sebanyak sebelas orang. Hal ini bisa jadi membuat para penggemar K-Pop membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenal para personelnya.

Untuk itu, Liputan6.com telah merangkum fakta-fakta menarik sebelas personel X1 dari berbagai sumber. Mungkin setelah membaca artikel ini, Anda bakal langsung menjadi penggemar X1 atau yang kini dikenal dengan sebutan One It. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Song Hyeong Jun

Dengan pipi chubby dan rambut ikalnya, penggemar sering menyamakan Song Hyeong Jun dengan anjing poodle. Saat penentuan kelas pertama kali, Song Hyeong Jun masuk dalam kelas X. Dalam kelas tersebut, Song Hyeong Jun dipercaya sebagai ketua. Ia juga bersedia membantu peserta lain yang merasa kesulitan.

Dalam Produce X 101, Song Hyeong Jun sempat dikritik trainer karena dinilai kurang percaya diri dalam melakukan tarian freestyle, meskipun menari adalah kemampuan utamanya. Namun ia kemudian membuktikan diri dan berhasil debut dalam boyband X1 dengan perolehan suara sebanyak 1.049.222.

Dengan total suara tersebut, ia berhasil meraih peringkat keempat dalam akhir acara Produce X 101.

3 dari 12 halaman

2. Cha Jun Ho  

Cha Jun Ho bersekolah di Hanlim Multi Art High School dengan jurusan vokal bersama dengan Han Chowon (Produce48) dan Taehyun (TXT). Sama-sama berasal dari Woollim Entertainment, Cha Jun Ho dinilai memiliki wajah yang mirip dengan L Infinite.

Cha Jun Ho yang memiliki kepribadian cenderung kaku terutama ketika pertama kali bertemu seseorang, mendapat julukan robot dari penggemar. 

Saat pertemuan pertama kali dengan produser dan staf acara Produce X 101, Cha Jun Ho menyanyikan lagu "Me After You" milik Paul Kim. Dengan bakat menyanyi yang baik, ia menempati posisi vokalis dalam X1.

Cha Jun Ho, Han Seung Woo, dan Kim Yo Han dikenal oleh penggemar sebagai trio We Bare Bears. Di akhir acara Produce X 101, Cha Jun Ho berhasil meraih peringkat sembilan dengan perolehan suara sebanyak 756.939.

4 dari 12 halaman

3. Son Dong Pyo

Pernah membuat dance cover bersama grup Artbeat, Son Dong Pyo memiliki pengalaman lebih banyak dalam hal menari. Son Dong Pyo juga menjadi trainee selama satu tahun lima bulan.

Son Dong Pyo memiliki wajah imut dan figur tubuh pendek yang membuatnya terlihat seperti anak kecil. 

Song Dongpyo dikenal pertama kali oleh publik karena posisinya sebagai center dalam lagu "X1MA", lagu tema acara Produce X 101. Ia mengaku pernah khawatir akan merusak tradisi center acara Produce 101 jika dirinya tak berhasil debut.

Pada akhirnya, Son Dong Pyo berhasil meraih sebanyak 824.389 suara. Ia pun lolos sebagai anggota X1 dengan menduduki peringkat keenam.

5 dari 12 halaman

4. Nam Do Hyon

Nam Do Hyon pernah mengikuti acara Under Nineteen, namun tereliminasi pada episode 9. Ia juga ahli menirukan efek-efek suara. Dengan keahliannya tersebut, Nam Do Hyon berbakat dalam melakukan beatbox.

Nam Do Hyon memiliki hobi menulis lirik, membuat musik, dan bermain piano. Ia juga bisa berbahasa Inggris dan Jepang.

Lahir pada tahun 2004, Nam Do Hyon merupakan anggota termuda di boyband X1. Meski masih belia, Nam Do Hyon dijuluki rap genius oleh para penggemar.

Selama acara Produce X 101 berlangsung, Nam Do Hyon diakui memiliki musikalitas yang tinggi. Ia terpilih menjadi anggota X1 setelah mengumpulkan 764.433 suara dari publik.

6 dari 12 halaman

5. Lee Eun Sang

Lee Eun Sang lahir di Jeju dan pindah ke Busan saat berumur dua tahun. Ia dikenal dengan kepribadian yang pantang menyerah. 

Lee Eun Sang memiliki kualitas vokal yang baik. Selain itu, ia juga belajar menari secara otodidaktik dan menjadi ketua klub menari di sekolahnya.

Pada salah satu pidatonya di acara Produce X 101, Lee Eun Sang mengungkapkan bahwa ia masih memiliki banyak hal untuk ditunjukkan kepada publik. Lee Eun Sang mengatakan bahwa ia belum dapat menunjukkan potensinya secara maksimal.

Lee Eun Sang berhasil bergabung dengan personel X1 lainnya berkat akumulasi suara yang diperolehnya dari awal hingga akhir acara Produce X 101.

7 dari 12 halaman

6. Han Seung Woo

Han Seung Woo merupakan adik dari penyanyi Han Sun Hwa, mantan anggota girlband Secret. Ia terinspirasi untuk menjadi penyanyi setelah melihat kakaknya bernyanyi.

Pernah tergabung dalam grup Victon, Han Seung Woo sebenarnya menempati posisi sebagai rapper. Namun, dengan keahlian bernyanyi yang ia tunjukkan di acara Produce X 101, kini ia menjadi vokalis dalam boyband X1. 

Sebagai anggota tertua di X1, Han Seung Woo menjadi ketua boyband X1. Han Seung Woo dikenal oleh penggemar sebagai seseorang yang selalu ingin berdekatan dengan member lainnya. 

Han Seung Woo yang pernah mengalami kesulitan ekonomi saat masih remaja, akhirnya berhasil meraih peringkat kedua dengan total suara sebanyak 1.304.033.

8 dari 12 halaman

7. Cho Seung Youn

Cho Seung Youn pernah tergabung dalam boyband bernama Uniq yang sering melakukan promosi di Tiongkok. Ia memiliki nama panggung lain yaitu Woodz dan Luizy.

Sebelum mengikuti acara Produce X 101, Cho Seung Youn pernah mengikuti acara Show Me The Money. Ia dikenal sebagai seseorang yang bisa segala hal, baik itu bernyanyi, rap, maupun menari.

Cho Seung Youn bisa berbahasa Portugis. Keahlian tersebut Cho Seung Youn dapatkan karena ia pernah tinggal di Brazil selama dua tahun. Saat masih tinggal di Brazil, Cho Seung Youn pernah bergabung dengan sebuah klub sepak bola.

Berakhir dengan peringkat 5, Cho Seung Youn dikenal sebagai happy virus dalam X1. Kepribadiannya yang selalu ceria berhasil mengundang senyum dan tawa dari personel lain dan para penggemar.

9 dari 12 halaman

8. Kim Woo Seok

Kim Woo Seok pernah tergabung dalam boyband Up10tion dengan nama panggung Wooshin. Ia pernah diberitakan mengalami masalah kesehatan mental dan hiatus dari dunia hiburan selama setahun lebih.

Ia pernah menjadi MC suatu acara bersama Jeon Somi. Ia dikenal memiliki hobi menjelajah berbagai restoran untuk menemukan makanan yang enak.

Para peserta lain di acara Produce X 101 memilih Woo Seok sebagai member tertampan kedua setelah Kim Min Kyu. Ia memiliki tipe wanita ideal berambut panjang, imut, dan akan memanggilnya oppa, atau sebutan untuk kakak laki-laki di Korea Selatan.

Selama acara Produce X 101 berlangsung, Kim Woo Seok selalu berada dalam 10 peringkat teratas. Ia berakhir pada peringkat 2 dengan total perolehan suara sebanyak 1.304.033 suara.

10 dari 12 halaman

9. Kim Yo Han

Kim Yo Han lahir pada tahun 1999. Ia pernah meraih penghargaan berkat keahliannya dalam bela diri asal Korea Selatan, taekwondo.

Ia memiliki kepribadian yang menyukai kebebasan. Ia membantu Cho Jun Ho agar terbebas dari karakter "robot" yang dimiliki sahabatnya itu.

Kim Yo Han mendapatkan banyak bantuan dari Han Seung Woo dan peserta lain dalam mengembangkan kemampuannya. Ia mengungkapkan bahwa tanpa bantuan temannya, ia akan mengalami kesulitan.

Meski baru menjadi trainee selama tiga bulan, Kim Yo Han mampu menunjukkan kemajuannya secara pesat. Kim Yo Han meraih peringkat pertama dengan total suara sebanyak 1.334.011 dan berhasil menjadi center dalam boyband X1.

11 dari 12 halaman

10. Kang Min Hee

Kang Min Hee memiliki latar belakang orangtua yang bekerja di bidang medis. Ia merupakan murid yang cerdas dan selalu meraih peringkat lima teratas di sekolahnya.

Kang Min Hee pernah menjadi trainee selama dua tahun sembilan bulan. Ia pernah muncul dalam video musik penyanyi Ailee bersama Yujin Iz*one. Kang Min Hee pernah masuk rumah sakit setelah melakukan rekaman untuk lagu X1MA akibat penyakit enteritis.

Lewat vokalnya yang bagus, Kang Min Hee akhirnya berhasil meraih peringkat 10 dengan total perolehan 749.444 suara.

12 dari 12 halaman

11. Lee Han Gyul

Lee Han Gyul diketahui pernah tinggal di panti asuhan karena ditelantarkan oleh orangtua kandungnya. Akhirnya, ia diadopsi pada umur tujuh tahun.

Sebelum bergabung dalam acara Produce X 101, Lee Han Gyul juga pernah tergabung dalam grup IM dan pernah mengikuti acara The Unit. Lee Han Gyul dikenal dengan kemampuan menarinya yang luar biasa. 

Publik memberikan dukungan mereka untuk Lee Han Gyul sebanyak 794.411 suara. Dengan jumlah suara tersebut, ia menempati peringkat tujuh di akhir acara Produce X 101.

 

(Affiyah Tri Yuni Sari/mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.