Kebakaran Dahsyat Hutan Amazon, Leonardo DiCaprio Donasikan Rp 71 Miliar

Oleh Ratnaning Asih pada 27 Agu 2019, 11:20 WIB
[Bintang] Leonardo DiCaprio

Liputan6.com, Los Angeles - Leonardo DiCaprio rupanya merasa unggahan keprihatinan di media sosial tak cukup untuk menanggulangi kebakaran dahsyat di Hutan Amazon. Ia juga melakukan aksi nyata, berupa memberi sumbangan dalam jumlah yang terbilang fantastis.

Dilaporkan oleh BBC, Selasa (27/8/2019), Earth Alliance, organisasi lingkungan yang didirikan dan dipimpin Leonardo DiCaprio bersama Laurene Powell Jobs dan Brian Sheth, mendonasikan uang senilai US$ 5 juta atau sekitar Rp 71 miliar.

Uang ini akan diberikan kepada kelompok setempat dan masyarakat asli yang membantu melindungi Hutan Amazon.

"Kami sangat prihatin dengan krisis yang terjadi di Amazon, terutama karena berkaitan dengan keseimbangan yang rapuh antara iklim, biodiversitas, dan kesejahteraan masyarakat asli di sana," begitu isi pernyataan resmi dari Earth Alliance.

Sebelumnya, lewat akun Instagram-nya Leonardo DiCaprio juga sempat berbicara mengenai langkah khusus yang diambil organisasinya ini dalam melawan kebakaran Hutan Amazon. 

2 of 3

Ajak Berdonasi

Aktor Hollyood Leonardo DiCaprio (AFP/Valerie Macon)
Aktor Hollyood Leonardo DiCaprio (AFP/Valerie Macon)

Lewat Instagram-nya, aktor Titanic ini juga menyatakan Earth Alliance memulai gerakan bertajuk Amazon Forest Fund. Dalam gerakan ini, masyarakat dunia bisa menyalurkan bantuan mereka kepada lembaga maupun masyarakat lokal yang selama ini berada di garda terdepan dalam melindungi Amazon.

"Amazon benar-benar butuh bantuan kita. Apakah Anda aktif dalam kegiatan filantropi, atau perseorangan, mohon ikut berdonasi di @EarthAlliance Amazon Forest Fund untuk membantu partner lokal kami dan masyarakat asli untuk melindungi Amazon, kehidupan yang ada di sana, dan kesehatan dari planet ini pada umumnya," tulis Leonardo DiCaprio.

 

3 of 3

Tak Mampu Menyumbang? Ada Cara Lain

[Bintang] Leonardo DiCaprio
Leonardo DiCaprio. (ROBYN BECK AFP)

Lantas, bagaimana bila seseorang tidak mampu menyumbang? Jangan khawatir, pria 44 tahun ini mengatakan masih ada cara lain untuk ikut membantu Amazon.

"Bila kalian tidak bisa berkontribusi, ikuti [akun] @EarthAlliance dan sebarkan pesannya sehingga kami bisa mengumpulkan aksi dan membuat perubahan. Kami harap kalian bisa bergabung, apa pun yang kalian bisa."

Lanjutkan Membaca ↓