Yuli Fonataba, Presenter Asal Papua dengan Banyak Prestasi

Oleh Liputan6.com pada 26 Agu 2019, 12:30 WIB
Yuli Fonataba

Liputan6.com, Jakarta - Program berita Liputan6 di SCTV membawa wajah baru untuk membawakan berita. Yuli Yonataba, gadis asal Papua ini telah membawakan acara berita di Liputan6 sejak Kamis (22/8/2019). Melalui Instagram Stories pribadinya, Yuli Fonataba mengunggah beberapa momen ketika ia menjadi pembawa acara berita.

Yuli Fonataba mengatakan bahwa sebenarnya menjadi pembawa acara berita sangatlah jauh dari program akademik yang ia ambil. Namun, keinginan untuk menjadi seorang pembawa acara sudah ada sejak dulu. Yuli Fonataba mengaku ia ingin menjadi pembawa acara gosip pada awalnya.

"Jadi news anchor itu sebenarnya kalau mau dibilang itu bukan jurusan aku ya, aku jurusannya Teknik Sipil. Tapi enggak tahu kenapa suka ngomong. Awalnya sebenarnya bukan news anchor, maunya waktu itu jadi presenter gosip," ujar Yuli Fonataba saat diwawancara melalui pesan teks pada Minggu (25/8/2019).

Yuli Fonataba merasa senang dan jatuh cinta pada pekerjaannya sekarang, sebagai pembawa acara berita. Menjadi pembawa acara berita adalah sebuah hal yang baru baginya. Tidak hanya membacakannya, Yuli Fonataba juga harus mengerti isi berita yang disampaikan.

 

Yuli Fonataba
Yuli Fonataba. (Sumber foto: Instagram @yuli_nella)
2 of 3

Sesuatu yang Beda

Yuli Fonataba
Yuli Fonataba (Sumber: Instagram/yuli_nella)

"Jadi news anchor itu sesuatu yang beda gitu. Karena kita enggak hanya membacakan berita, tapi kita harus mengerti tentang apa isi konten itu. Jadi secara enggak langsung kita juga belajar. Tentang politik, tentang apa nih update-update terbaru di Indonesia atau mancanegara," ujar Yuli Fonataba.

Menjadi Perwakilan Papua pada 2017 awal, Yuli Fonataba ditunjuk oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu) untuk mewakili Provinsi Papua dalam pemilihan Duta Muda ASEAN 2017. Setahun setelahnya, Yuli Fonataba mengikuti Putri Indonesia 2018 mewakili Papua.

3 of 3

Membanggakan Orang Tua

Yuli Fonataba
Yuli Fonataba. (Sumber foto: Instagram @yuli_nella)

Yuli Fonataba mengungkapkan alasannya tertarik untuk mengikuti dua kontes tersebut. Selain ingin membanggakan orang tua, Yuli Fonataba ingin menjadi inspirasi bagi banyak orang.

"Motivasi aku ikut dua acara ini supaya membanggakan orang tua, sudah pasti. Terus supaya punya banyak prestasi. Terus pengen mengenal hal-hal yang baru, pengalaman baru. Terus aku juga lewat ini kan bisa menginspirasi banyak orang gitu, terutama perempuan-perempuan Papua.

(Maria Advensiani/mgg)

Lanjutkan Membaca ↓