Sukses

Artis Hollywood Ramai-Ramai Serukan Gentingnya Kebakaran di Hutan Amazon

Sejumlah seleb dunia merasa perhatian media atas musibah kebakaran Hutan Amazon ini masih minim.

Liputan6.com, Brasilia - Hutan Amazon kini tengah dilanda kebakaran dahsyat. Bahkan saking parahnya, asap kebakaran menyebabkan kota Sao Paulo menjadi gelap pada siang hari, Senin 19 Agustus.

Dilansir BBC, hal tersebut terjadi setelah angin kencang membawa asap kebakaran hutan di daerah Amazonas dan Rondonia hingga 2.700 km jauhnya di Brasil.

Hutan Amazon dikenal sebagai paru-paru dunia yang menyuplai 20 persen oksigen di bumi, seperti diwartakan CNN. Meski hutan ini memiliki peran penting bagi manusia, sebagian warganet merasa perhatian media atas musibah ini masih minim.

Tak heran, muncul desakan agar media dan masyarakat dunia lebih menyorot soal kebakaran Hutan Amazon dengan lebih serius. Salah satunya datang dari aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unggahan Leonardo DiCaprio

Di Instagram pribadinya, Leonardo mengunggah ulang posting-an dari seorang aktivis lingkungan Nick Rose berupa foto hutan yang tengah terbakar.

"Ngeri kalau berpikir bahwa hutan hujan terbesar di planet ini, Amazon, yang memproduksi 20 persen oksigen dunia dan merupakan paru-paru dunia, terbakar selama 16 hari TANPA diberitakan dunia! Kenapa?" begitu isi caption foto ini.

 

3 dari 3 halaman

Keprihatinan Seleb Dunia

Selain Leonardo DiCaprio, sejumlah bintang populer juga mengunggah keprihatinan atas isu ini. Salah satunya Ariana Grande, yang mengunggah beberapa foto kebakaran hutan. Seperti Leonardo, ia juga mengunggah ulang posting-an akun lain yang mempertanyakan sepinya pemberitaan media soal malapetaka ini.

Kendal Jenner mengunggah sejumlah foto via Insta Story, salah satunya bertuliskan, "Paru-paru kita terbakar!!!!"

Demi Lovato, Jaden Smith, Cody Simpson, Jameela Jamil, John Cusack, dan beberapa artis lain, juga menyuarakan keprihatinan atas kebakaran Hutan Amazon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.