Sukses

Naila Novaranti Terima Penghargaan Kategori Olahraga dari BPIP

Penghargaan kepada Naila Novaranti ini merupakan anugerah 74 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila yang diberikan oleh BPIP.

Liputan6.com, Jakarta - Naila Novaranti yang giat menjadi penerjun dan pelatih wanita ekstrem mendapatkan penghargaan Apresiasi Prestasi Pancasila tahun 2019 dengan kategori olahraga. Ia menjadi salah satu penerima dari 74 Ikon yang diberikan.

Penghargaan kepada Naila Novaranti ini merupakan anugerah 74 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila yang diberikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Museum Pabrik Gula Tjolomadu, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (19/8/2019) malam.

Pemberian penghargaan ini juga terkait dengan banyaknya nilai historis yang ada di Kota Solo. Meskipun beberapa daerah lain juga memiliki nilai sejarah yang sama dari sisi perjuangan Kemerdekaan.

"Awalnya saya kaget dan enggak percaya dapat penghargaan ini. Saya baru mendengarnya sehari sebelum keberangkatan ke Solo dalam rangka Konser Kebangsaan Apresiasi Prestasi Pancasila Tahun 2019," ujar Naila Novaranti kepada wartawan usai mendapat penghargaan tersebut di Solo, Senin malam.

"Jadi cukup kaget juga setelah nama saya diumumkankan namanya kategori Olahraga. Itu menjadi suatu kebanggan buat saya, Alhamdullilah," lanjutnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tolak Ukur Penilaian

Naila juga menjelaskan lebih rinci mengenai alasan ia bisa terpilih dalam penghargaan tersebut. Berbagai prestasi yang ia pernah lakukan, menjadi tolak ukur penilaian ini.

"Untuk penilaiannya, saya sebagai atlet penerjun pertama wanita yang membawa bendera merah putih ke langit tertinggi di dunia di pegunungan Everest tahun 2018, ceritanya ketika ikut kejuaraan dunia dua kali menang berturut-turut saya dapat referensi dan ikut seleksi untuk bisa mencapai prestasi. Jadi saya adalah 100 peserta dari seorang yang pernah terjun di everest dan akhirnya terpilih kategori bidang olahraga," terang Naila.

"Prestasi saya juara umumnya, jadi saya  merintis dari kejuaraan amatir. Ketertarikan saya sebagai penerjun karena saya bekerja di perusahaan parasut, karena saya di dunianya di parasut. Saya fokus di dunia penerjun delapan tahun lalu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Konser Kebangsaan

Pemberian penghargaan serupa sebenarnya pernah dilakukan pada 2017 lalu. Kini, apresiasi diberikan untuk 74 individu yang berprestasi. Mereka dinilai layak sebagai Ikon Pancasila tahun 2019 setelah melalui proses penyaringan yang cukup ketat.

Pemberian penghargaan digelar melalui Konser Kebangsaan yang ditayangkan TVRI Solo. Penghargaan terdiri dari Apresiasi Prestasi Pancasila Tahun 2019 untuk kategori bidang Ilmu Pengetahuan, kategori bidang Olahraga, Kategori bidang seni dan budaya sessi I, dan Kategori bidang Seni Budaya dan Kreatif sessi II, serta Kategori bidang Sosial Entrepreneur.

Penghargaan dibarengi dengan Konser kebangsaan yang dimeriahkan oleh artis nasional dengan turut dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini