Sukses

50 Tahun Foto The Beatles di Atas Zebra Cross, Abbey Road Diserbu Fans

Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan 50 tahun pemotretan sampul album ke-11 The Beatles, Abbey Road.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah penggemar The Beatles berpose untuk meniru gaya ikonis band legendaris asal Inggris itu. Mereka menyerbu zebra cross Abbey Road, London, Inggris, pada Kamis (8/8/2019) waktu setempat.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari peringatan 50 tahun pemotretan sampul album ke-11 The Beatles, Abbey Road, oleh fotografer asal Skotlandia, Iain Stewart Macmillan.

John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr saat itu berpose sambil menyeberangi jalan di Abbey Road. Lokasi pemotretan berada tepat di luar studio rekaman EMI, tempat mereka membuat album tersebut pada 1969.

Dilansir Reuters, untuk merayakan momen tersebut, sebuah kemasan istimewa album Abbey Road berisi 17 lagu dan 23 sesi rekaman serta demo akan dirilis pada 27 September oleh Apple Corps/Capitol/UMe.

Iain Macmillan kala itu memotret enam foto saat para personel The Beatles menyeberang. Foto kelima dipilih jadi sampul album ke-11 mereka yang dirilis pada 26 September 1969.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pose Fenomenal

Foto itu memperlihatkan John Lennon dalam balutan jas putih berada paling depan. Starr memakai jas hitam, sementara McCartney bertelanjang kaki sambil memegang rokok. Harrison memakai denim biru. Sebuah Volkswagen Beetle terparkir di belakangnya.

Mantan eksekutif Apple Records, Tony Bramwell, mengatakan bahwa tak ada yang menyangka Abbey Road akan jadi peluncuran terakhir dari The Beatles.

Let It Be adalah album pamungkas Beatles, tapi itu direkam sebelum Abbey Road.

Ia mengatakan, ide awal dari foto itu datang dari McCartney. Saat ditanya mengapa sang musisi tidak memakai alas kaki, sebuah subjek yang jadi perdebatan tak berujung di kalangan penggemar, ia menjawab, "Cuacanya panas."

 

3 dari 3 halaman

Album Terakhir

Abbey Road yang dinobatkan jadi album terbaik The Beatles oleh pembaca Rolling Stone pada 2009, adalah satu-satunya album Beatles yang tidak menampilkan nama band atau judul di sampulnya.

Itu adalah album terakhir yang direkam oleh keempat anggota band tersebut dan berisi lagu yang ditulis oleh masing-masing anggota, termasuk "Come Together" oleh Lennon, "Here Comes the Sun" oleh Harrison, "Maxwell's Silver Hammer" oleh McCartney dan "Octopus Garden" dari Starr.

Kurang dari setahun sejak Abbey Road dirilis, The Beatles bubar, mengakhiri revolusi musik selama satu dekade yang mengubah dunia musik populer.

Studio yang kemudian dinamai Abbey Road serta zebra cross di London utara itu mendapat status dilindungi oleh pemerintah pada 2010. (Antaranews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.