Deretan Komika yang Bikin Pecah Panggung Daihatsu JICOMFEST 219

Oleh Gilar Ramdhani pada 06 Agu 2019, 00:00 WIB
Diperbarui 06 Agu 2019, 00:16 WIB
Deretan Komika yang Bikin Pecah Panggung Daihatsu JICOMFEST 219

Liputan6.com, Jakarta Gelaran Jakarta International Comedy Festival atau JICOMFEST 2019 yang berlangsung 3-4 Agustus kemarin berlangsung seru, meriah dan sukses menghibur para penonton. Selama dua hari gelaran, panggung-panggung Jicomfest selalu ramai oleh para pecinta stand up comedy.

Seperti diketahui, JICOMFEST 2019 menghadirkan 4 panggung berbeda di antaranya Daihatsu Stage, Axis Stage, dan DKI Stage untuk panggung indoor serta J Trust Bank stage menjadi satu-satunya panggung outdoor. Dari keempat panggung, Daihatsu stage menjadi panggung yang paling mencuri perhatian karena di sini lebih banyak komika yang tampil atau single performance. Daihatsu Stage sekaligus menjadi panggung Spesial Show para komika terkenal dalam dan luar negeri.

Berikut deretan komika yang bikinpecah selama 2 hari di Panggung Daihatsu JICOMFEST 2019;

1. National Stand Up Comedy Competition

Daihatsu stage menjadi panggung besar pertama para komika-komika Stand Up Indo dari berbagai komunitas yang berkompetisi di National Stand Up Comedy Competition. Momen bersejarah yang akan selalu menjadi cerita bagi mereka. Di antara para peserta, komika asal Stand up Indo Jakarta Timur, Alif keluar sebagai pemenang dalam National Stand Up Comedy Competition di panggung JICOMFEST 2019.

2. Parade Komika yang menghibur tanpa henti

Intip Serunya JICOMFEST 2019 di Hari Pertama
Aksi komika Uus (krii) saat mengisi acara Jakarta Internasional Comedy Festival (JICOMFEST) 2019 hari pertama, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/8/2019). JICOMFEST 2019 merupakan komedi festival pertama dan terbesar di Indonesia. (Foto: Deki Prayoga)

Parade komika menghadirkan 29 komika yang menghibur para penonton. Mereka tampil dari siang hingga menjelang malam, bergantian dengan durasi 15-20 menit. Mereka sukses menghadirkan gelak tawa, mulai dari bahasan yang receh, curhatan pribadi, hingga meroasting orang lain. Hal yang tidak akan Anda temukan kalau menonton stand up comedy live melalui televisi maupun online. Beberapa penonton yang diwawancarai Liputan6.com mengaku terhibur dengan penampilan seluruh komika, beberapa nilai plus mereka berikan pada komika Indra Firmawan, Boris Bokir, Rigen Rakelna, Gilang Bhaskara, dan Uus.

3. Maz Jobrani dan Yumi Nagashima

[Fimela] Maz Jobrani di JICOMFEST 2019
Maz Jobrani di JICOMFEST 2019 (Foto: Bambang E.Ros)

Dua komika luar negeri, Maz Jobrani dan Yumi Nagashima pun sukses menghibur para penonton. Banyak penonton yang surprise dengan penampilan kedua, perbedaan bahasa ternyata tidak menjadi penghalang untuk tertawa. Baru sebentar di Indonesia, Maz Jobrani dengan apik mengangkat tema kemacetan Jakarta, polusi udara bahkan gempa yang baru terjadi di Indonesia. Selain itu Maz Jobrani juga mengangkat tema seputar kehidupan Los Angeles, Amerika.

[Fimela] Yumi Nagashima
Yumi Nagashima di JICOMFEST 2019 (Foto: Bambang E.Ros)

Yumi Nagashima yang tampil di malam kedua, tak kalah menghibur. Yumi yang tampil cantik dengan berwarna kalem banyak memilih tema yang menyangkut kampung halamannya, Jepang. Beragam lelucon tentang keluarga dan budaya Negeri Sakura ditumpahkannya kepada audiens. Menariknya lagi, Yumi memilih untuk beberapa kali mengajak penonton berinteraksi. Ia juga menerima beberapa ide dan masukan dari penonton sebagai bahan leluconnya.

4. Mak Beti bikin Raditya Dika 'mati kutu'

Youtuber Mak Beti yang memiliki nama asli Arif Muhammad
Youtuber Mak Beti yang memiliki nama asli Arif Muhammad.

Salah satu pengisi acara yang menjadi bintang di JICOMFEST 2019 hari kedua adalah Youtuber Mak Beti yang memiliki nama asli Arif Muhammad. Roasting Mak Beti sukses membuat Raditya Dika "mati kutu", penonton pun dibuat tertawa terbahak-bahak. Komentar pedas Mak Beti seputar tingkah laku Raditya Dika hingga film-filmnya membuat penonton berkali-kali memberikan tepuk tangan. Penampilan Mak Beti gak bakal kamu lihat di tempat lain.

Roasting Night Youtubers ini selain menghadirkan Mak Beti, juga ada Young Lex dan Ria Ricis. Uus yang memandu acara pun tak kalah gokil me-roasting Radit sekaligus para Youtubers.

5. Kejutan Deddy Corbuzier

JICOMFEST 2019
Deddy Corbuzier balas dendam pada Pandji Pragiwaksono di panggung JICOMFEST 2019. (Foto: Bambang E. Ros)

Roasting Night pada JICOMFEST 2019 hari pertama menghadirkan kejutan yang tak diduga-duga bagi para komika kawakan yakni Ernest Prakasa, Adjis Doa Ibu, dan Pandji Pragiwaksono. Ketiga memang sukses me-roasting Deddy Corbuzier dan berhasil menghadirkan gelak tawa bagi para penonton serta tepuk tangan. Namun, Deddy Corbuzier lebih dahsyat lagi dan sukses melawan balik.

Tiap kalimat yang keluar dari mulut ayah satu anak itupun sukses besar membuat para penonton terpingkal-pingkal. Komentar-komentar pendek dan sederhana dari Master Deddy langsung menghempaskan Adjis Doaibu dan Ernest Prakasa. Paling parah adalah roasting Deddy ke Pandji yang terus-terusan. Pria berusia 42 tahun  dengan sukses membuat Pandji mengenakan tank top di atas panggung stand up comedy. Momen itu begitu spontan dan bukan kaleng-kaleng alias settingan.  Penonton pun memberikan applause kepada Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier dan Pandji Bikin Heboh Panggung JICOMFEST 2019
Deddy Corbuzier (kiri) meroasting komika Pandji Pragiwaksono saat menjadi pengisi acara Jakarta Internasional Comedy Festival (JICOMFEST) 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/8/2019). Ini merupakan penampilan pertama Deddy Corbuzier melakukan stand up comedy. (Foto: Peksi Cahyo Priambodo)

Pandji pun terlihat begitu tercengang. Meski malu karena dikerjai, namun Ia tetap melakukannya. Sebuah tank top biru lantas dibawakan untuknya.

6. Pandji Pragiwaksono Kelewat Batas

Gelaran JICOMFEST 2019 di Daihatsu Stage ditutup dengan apik oleh Panjdi Pragiwaksono. Saking asyiknya menghibur, Pandji sampai kelewat batas dari durasi waktu yang ditentukan. Awalnya Pandji dijadwalkan tampil 30 menit, karena pembahasan yang menarik seputar politik, masa kecilnya, dan banyak hal yang belum ada ujungnya, Pandji pun sampai kelewat batas.

 

[Fimela] Pandji Pragiwaksono JICOMFEST 2019
Pandji Pragiwaksono JICOMFEST 2019.

Ditambah lagi ketika Pandji melontarkan pertanyaan, "Lanjut Gak?", penonton kompak menjawab "lanjut". Sepanjang stand up comedy dari Pandji, penonton pun terus-terusan dibuat tertawa dan standing ovation diberikan para penonton di akhir pertunjukkannya.

Sedikitnya setiap harinya JICOMFEST 2019 didatangi sekitar 5.000 penonton yang didominasi anak-anak muda. Umumnya mereka berasal dari Jabodetabek dan ada pula yang datang dari luar kota dan luar negeri. Para penonton yang ditemui Liputan6.com pun berharap acara serupa kembali hadir tahun depan dan lebih seru.

Daihatsu semakin dekat dengan generasi muda

Popularitas stand up comedy yang terus meningkat di Indonesia dengan mayoritas penggemarnya anak-anak muda mendorong Daihatsu untuk mendukung dan menyukseskan acara festival komedi terbesar di Indonesia dan Asia ini.

"Stand up comedy di Indonesia trendnya terus meningkat dan mayoritas penggemarnya anak-anak muda. Dengan turut mensponsori acara ini, harapan kami brand image Daihatsu menjadi lebih baik dan semakin mendekatkan diri ke kalangan anak-anak muda di Indonesia," ujar Hari Wicaksono, Marketing Promotions Manager PT Astra Daihatsu Motor di Jiexpo Kemayoran, Sabtu (3/8).

 

JICOMFEST 2019
Antrian pengunjung di pintu masuk Daihatsu Stage JICOMFEST 2019.

Melalui acara Jicomfest 2019 ini, Daihatsu juga memperkenalkan jajaran produk yang dapat dipilih anak-anak muda sebagai kendaraan kesayangannya. Salah satu adalah Daihatsu All New Sirion yang memiliki fitur-fitur kekian dengan tampilan yang stylish dan sporty.

"Banyak varian Daihatsu yang cocok untuk generasi muda saat ini, tergantung dari kebutuhan masing-masing konsumen. Salah satunya adalah All New Sirion yang memiliki tagline Generasi On, fitur-fitur yang sudah bisa memenuhi kebutuhan anak muda. Seperti USB port yang ada di setiap kursi, desain eksterior yang stylish dan sporty," jelasnya.

Lebih lanjut, Hari mengatakan Daihatsu tak akan berhenti mendukung konten-konten entertainment yang disukai anak-anak muda seperti yang ada di Jicomfest ini.Pihaknya juga banyak mendukung dan menghadirkan konten-konten seperti musik, olahraga hingga web series yang dapat dinikmati di Channel Youtube Daihatsu sebagai bagian untuk mendekatkan diri kepada anak-anak muda Indonesia.

Melihat antusias anak-anak muda yang hadir di JICOMFEST 2019 ini, Hari pun berharap acara serupa dapat hadir di tahun depan dengan nuansa yang lebih seru dan meriah.