Sukses

Fathir Muchtar Ikut Balapan Rally Asia Cross Country

Fathir Muchtar akan mengendarai motor KTM 690 Enduro.

Liputan6.com, Jakarta Selain jago berakting, aktor Fathir Muchtar juga diketahui sebagai pebalap motor. Bahkan,  suami artis Fera Feriska ini bakal mewakili Indonesia di ajang Asia Cross Country (AXCR) Thailand-Myanmar, 11-16 Agustus 2019. Fathir Muchtar menjadi satu dari sembilan pembalap Indonesia yang bakal berlaga. 

Dalam ajang AXCR, Fathir Muchtar membawa nama klub Indonesia Cross Country Really Team bersama Rudy Poa. Mereka akan menunggangi motor KTM 690 Enduro. Lalu bagaimana persiapan Fathir Muchtar dalam ajang tersebut?

Bagi Fathir, ini merupakan kali pertama mengikuti ajang reli selevel Paris Dakar itu. Pria 39 tahun itu mengaku sudah melakukan persiapan maksimal dan menargetkan tampil sebaik mungkin.

"Kalau ditanya sih pasti optimistis ya itu sudah pasti. Persiapan juga yang paling penting di navigasi. Soalnya navigasi di sini beda dari yang sebelumnya saya tahu. Terus juga mental pasti disiapkan. Tidak boleh terlalu percaya diri," kata Fathir Muchtar saat ditemui di  Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Diakui ole Father Muchtar kalau dirinya belum pernah mengikuti ajang lomba kelas dunia. Namun, untuk kegiatan offroad, dirinya ering melakukan bersama teman-temannya.

"Ajang seperti belum pernah saya ikuti. Ini pertama kali. Biasanya selama ini cuma offroad ringan aja. Sedangkan ini kan hampir mirip dengan Rally Dakar," kata Fathir Muchtar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Balapan

Sementara itu, ada tiga pembalap motor Indonesia lainnya di luar skuat Indonesia Cross Country Rally Team yakni Edi Sudarmadi (Banjarmasin, KTM 500EXC), Heri Cahyono (Malang, KTM 690) Enduro dan Mufti (Bogor, KTM 450EXC). 

Selain penunggang motor, Indonesia Cross Country Rally Team juga mengirimkan dua pembalap mobil yaitu Memen Harianto dan Rimhalsyah (Jeep Tubular Custom) serta Wijaya Kusuma dan Lody Natasha (Suzuki Jimny JB33). Wakil Indonesia akan bersaing melawan pembalap dari 8 negara dari jumlah 65 mobil dan 34 motor.

Balapan akan dimulai pada 11 Agustus dari Pattaya (Thailand) hingga Naypitaw (Myanmar). Nantinya, race bakal digelar dalam 6 leg yang terbagi Pattaya-Nakom Nayok, Nakom Nayok-Kamphaeng Phet, Kamphaeng-Mae Sot, Mae Sot melintasi perbatasan menuju Myanmar yakni Hpa An, Hpa An-Taungoo, dan finis di Taungoo-Naypyitaw.

Pada tahun ini anggota tim Indonesia sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Tetapi seluruhnya telah siap mengikuti balapan demi meraih prestasi dan mengharumkan Indonesia.

"Kali ini terdapat dua nama baru dalam team, namun lainnya merupakan mereka yang telah mengikuti ajang AXCR. Saya berharap dengan seluruh persiapan hingga latihan menjelang berlaga dan tentunya dukungan para sponsor dapat membuat kami meraih prestasi dalam ajang AXCR 2019," jelas Rudy Poa yang merangkap sebagai tim manager Indonesia Cross Country Rally Team.

Ini merupakan tahun ke-24 diadakan AXCR sepanjang sejarah. Indonesia sudah mengikuti ajang tersebut sebanyak lima kali di nomor motor dan mobil tiga kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini