Sukses

Miris, Foto Jenazah Bianca Devins Dimanfaatkan untuk Cari Followers

Warganet juga marah karena Instagram tak langsung memblokir akun pengguna yang menyebar foto jenazah Bianca Devins.

Liputan6.com, New York - Kematian selegram Bianca Devins yang tragis, membuat banyak orang terkejut. Apalagi, foto jenazah selebgram 17 tahun itu sempat disebarkan ke publik lewat Instagram dan platform Discord oleh terduga pelakunya, Brandon Andrew Clark.

Kini, foto maupun akun Brandon Andrew Clark memang telah dihapus oleh Instagram. Namun, foto jenazah Bianca Devins yang berlumuran darah sudah sempat disimpan oleh sejumlah warganet.

Mirisnya, tak sedikit warganet yang memanfaatkan foto memilukan ini untuk keuntungannya sendiri, yakni mencari follower Instagram.

Dilaporkan oleh Rolling Stone, Rabu (17/7/2019), sejumlah warganet berjanji akan memberikan foto jenazah Bianca Devins lewat pesan pribadi bila akun Instagram milik mereka di-follow. Padahal, kepolisian sudah mengimbau agar foto tersebut tak lagi disebarkan.

Kejadian ini, tentu membuat keluarga Bianca Devins semakin terluka. Lewat Facebook, ibu sambung Bianca bahkan secara khusus memohon agar penyebaran foto ini dihentikan, demi keluarga maupun mendiang gadis asal New York tersebut.

"SELAMANYA aku akan membayangkan foto itu di pikiranku bila aku mengingat dirinya. Saat aku menutup mataku, foto itu menghantuiku," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebijakan Instagram Dipertanyakan

Selain isu ini, sejumlah warganet juga mempertanyakan kebijakan Instagram soal peredaran foto jenazah mendiang Bianca. Tak sedikit warganet yang melaporkan akun pengunggah foto kontroversial ini. Namun, balasan dari Instagram ternyata tak seperti yang diharapkan.

Pengguna Twitter @aki_tajo, misalnya, mengunggah screen capture balasan dari Instagram. Di sana disebutkan bahwa foto yang dilaporkannya tersebut tak melanggar paduan dalam media sosial ini.

3 dari 3 halaman

Kemarahan Warganet

"Instagram aku terang-terangan melaporkan foto #BiancaDevins SETELAH ia dibunuh dan ini tidak melanggar panduanmu??? Menjijikkan," tulis @aki_tajo. 

"Aku melaporkan banyak akun bianca dan instagram mengirim pesan otomatis yang sama: 'ini tidak melanggar paduan kami'. Jadi sekarang mengunggah gambar sadis di sana boleh???" kata @beverlyhillsari.

"Jadi pembunuhan brutal Bianca Devins masih belum cukup, aku melaporkan kepada Instagram akun-akun yang mengunggah foto jenazahnya dan kelihatannya ini tidak melanggar paduannya. Bisakah gadis ini beristirahat dengan tenang," kata @EmillieDx.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.