4 Dukungan Atiqah Hasiholan buat Ratna Sarumpaet

Oleh Sapto Purnomo pada 11 Jul 2019, 13:40 WIB
Ratna Sarumpaet

Liputan6.com, Jakarta Ratna Sarumpaet tersandung kasus hukum terkait penyebaran berita bohong atau hoaks. Kasus tersebut kini tengah disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan telah memasuki agenda putusan. Saat tulisan ini dipublikasikan, Kamis (11/7/2019) siang, sidang putusan masih berlangsung. 

Sebagai anak, Atiqah Hasiholan selalu mendukung penuh Ratna Sarumpaet, baik saat ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, atau saat menjalani persidangan.

Atiqah Hasiholan berusaha untuk selalu ada di samping wanita yang telah melahirkannya, yang kini harus menghabiskan waktunya di balik jeruji besi.

Berikut dukungan Atiqah Hasiholan buat Ratna Sarumpaet, selama terjerat kasus hukum penyebaran berita bohong. 

2 of 5

1. Bawa Makanan Kesukaan

Ratna Sarumpaet
Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet didampingi Atiqah Hasiholan tiba untuk menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019). Sidang kali ini menghadirkan saksi meringankan dari pihak terdakwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atiqah Hasiholan berusaha untuk selalu ada di samping ibunya saat mendekam di Rutan Polda Metro Jaya. Hampir setiap hari Atiqah Hasiholan menjenguk ibunya dan membawakan makanan kesukaannya..

"Atiqah kan sering datang. Sering-sering membesuk. Datang bawa makanan kesukaan. Kalau permintaan khusus, sih, enggak ada," ujar Insank Nasrudin, kuasa hukum Ratna Sarumpaet.

 

3 of 5

2. Penjamin Tahanan Kota

Sidang Lanjutan Ratna Sarumpaet
Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet didampingi putrinya, Atiqah Hasiholan menuju ruang sidang PN Jakarta Selatan, Kamis (25/4). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan saksi ahli yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lantaran Ratna Sarumpaet sudah berusia 69 tahun, Atiqah Hasiholan sempat mengajukan agar Ratna Sarumpaet untuk menjadi tahanan kota. Ia pun rela sebagai penjamin atas permohonannya itu.

Namun, tiga kali mengajukan penangguhan tahanan kota, permohonan tersebut ditolak.

"Kita kan hanya menggunakan hak kita untuk meminta [penangguhan penahanan]. Kalau hakim membuat keputusan lain, ya sudah," kata Atiqah Hasiholan.

4 of 5

3. Naik Mobil Tahanan Bersama Ratna Sarumpaet

Ratna Sarumpaet
Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet didampingi Atiqah Hasiholan tiba untuk menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019). Sidang kali ini menghadirkan saksi meringankan dari pihak terdakwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atiqah Hasiholan selalu hadir dalam persidangan kasus penyebaran berita bohoang alias hoaks, yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan terdakwa Ratna Sarumpaet. Yang menarik, saat sidang perdana Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan ikut naik dalam mobil tahanan bersama ibunya, dari Rutan Polda Metro Jaya sampai Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Iya biasa-biasa saja. Cobain saja (naik mobil tahanan)," ujar istri Atiqah Hasiholan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

5 of 5

4. Tak Pernah Absen di Persidangan

Tangis Ratna Sarumpaet Saat Bacakan Pledoi
Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet berbincang dengan anaknya Atiqah Hasiholan usai menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (18/6/2019). Sidang beragendakan pembacaan pledoi atau nota pembelaan dari terdakwa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Atiqah Hasiholan selau hadir di setiap persidangan kasus penyebaran berita bohong alias hoaks yang menjerat Ratna Sarumpaet, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sama seperti sebelumnya, kali ini dalam sidang putusan Atiqah Hasiholan juga ikut naik dalam mobil tahanan untuk menemani ibunya.

Tak sendiri, Atiqah Hasiholan juga ditemani kakak-kakaknya, Mohamad Iqbal dan Fathom Saulina Ibrahim saat hadir di persidangan.

 

Lanjutkan Membaca ↓