Sukses

Tinggalkan Akting demi Agama, Aktris Bollywood Zaira Wasim Malah Dikritik

Zaira Wasim yang merupakan seorang muslim, merasa dunia akting tidak sejalan dengan imannya.

Liputan6.com, Jakarta Aktris muda Bollywood Zaira Wasim baru-baru ini membuat keputusan yang mengagetkan. Antara yang melansir Reuters melaporkan bahwa perempuan 18 tahun tersebut mengumumkan ia mundur dari dunia akting. 

Alasan wanita muslim ini, dunia akting tidak sejalan dengan imannya. 

"Dunia ini memang memberikan banyak cinta, dukungan, dan pujian untukku, tapi akting juga membuatku menapaki jalan ketidaktahuan, aku diam-diam dan tidak sadar menjauh dari iman," kata Zaira Wasim lewat unggahannya di Instagram, Minggu (30/6/2019).

"Ketika aku bekerja di lingkungan yang secara konsisten menjauhkanku dengan iman, hubunganku dengan agama jadi terganggu," tutur aktris yang dikenal karena peran sebagai pegulat dalam film Dangal ini menambahkan. 

Unggahan Zaira itu mendapat lebih dari 27 ribu komentar. Manajer Zaira Wasim mengonfirmasi unggahan sang aktris. "Unggahannya memang betul dan ditulis olehnya. Berikan dia ruang dan waktu," ujar Tuhin Mishra, managing director Baseline Ventures, yang menaungi Zaira Wasim.

Film terakhir Zaira Wasim adalah Secret Superstar yang rilis pada 2017 dengan peran sebagai remaja muslim yang diam-diam menyanyi karena ayahnya yang penindas tidak mengizinkannya. Dia telah memenangi beberapa penghargaan film.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikecam

Atas keputusannya ini, Zaira Wasim justru mendapatkan berbagai kecaman, termasuk dari industri hiburan Bollywood. 

Aktris Raveena Tandon menuding Wasim tidak bersyukur pada industri yang memberikannya kesempatan. "Kuharap mereka keluar secara elegan dan menyimpan pandangan regresif sendiri saja," tulis Tandon di Twitter.

Warganet di Twitter, Ifra Jan, mengatakan keputusan Wasim akan menyulitkan perempuan lain muslim yang akan meniti karier akting. "Tolong jangan pergi dengan menjelekkan industri, penonton sudah memberimu sangat banyak," kata Jan.

"PS, kamu bisa keluar diam-diam. Dengan surat ini, kamu membuat setiap perempuan muslim sulit untuk memilih karier yang tidak konvensional. Seakan-akan yang terjadi di masyarakat kita tidak cukup!"

 

3 dari 3 halaman

Dibela

Namun, para pesohor dari Jammu dan Kashmir, daerah mayoritas muslim di India, membela sang aktris. "Siapa dari kita yang mempertanyakan pilihan @ZairaWasimmm?" kata mantan menteri besar Omar Abdullah dalam unggahan di Twitter.

"Dia boleh melakukan apa pun dalam hidupnya. Yang saya akan lakukan adalah mendoakan dan berharap apa yang ia lakukan akan membuatnya bahagia," kata Omar.

(Antaranews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.