Sukses

Bikin Pertunjukan 18 Tahun ke Atas, Ini Persiapan Ivan Gunawan

Ivan Gunawan membuat pertunjukan yang diperuntukkan bagi orang berusia 18 tahun ke atas.

Liputan6.com, Jakarta Menggandeng penata musik Dian HP dan seniman Ari Tulang, Ivan Gunawan mempersembahkan pertunjukan “Ivan Gunawan Life on Stage: Story of My Life.” Pertunjukan musikal garapan Happen.Inc milik Ruben Onsu ini digelar di Ciputra Artpreneur Jakarta, pada 2 Agustus 2019.

Awak media mempertanyakan keputusan Ivan Gunawan dan Ruben Onsu melabeli pertunjukan seni ini untuk 18 tahun ke atas. Alasannya, acara baru dimulai pukul 7 malam, kurang cocok untuk anak-anak.

Agar tampil prima di pertunjukan ini, Ivan Gunawan melakukan sejumlah persiapan. Dua minggu terakhir, Ivan Gunawan menjalani olahraga rutin, diet, dan tidur lebih teratur.

“Saya tidur lebih cepat agar metabolisme tubuh membaik. Tidur jam 9 atau setengah 10 malam. Jam 6 pagi saya bangun untuk Muay thai, lari, atau joging. Untuk diet saya menghindari gula,” beri tahu Ivan Gunawan kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019).

Terkait hasil diet, Ivan Gunawan ogah menimbang berat badan. “Yang jelas celana panjang saya sekarang kendor semua,” imbuh Ivan Gunawan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan

Mendekati hari H, Ivan Gunawan mengaku tak punya ritual khusus yang dijalani. Ia hanya meminta Ari Tulang membuat jadwal latihan yang padat. Ivan Gunawan percaya jadwal latihan yang rapat membuatnya terbiasa dan menguasai panggung.

Olahraga, diet, dan istirahat cukup diakui Ivan Gunawan berdampak bagus terhadap kondisi fisiknya. Dulu, saat stres melanda, Ivan Gunawan gemar makan junk-food.

3 dari 3 halaman

Mengelola Stres

“Dulu kalau stres, saya makan kentang goreng, burger, dan menenggak minuman bersoda. Habis itu tidur rasanya enak banget. Sekarang saya mengelola stres dengan lebih sehat yakni tidur cepat dan durasinya cukup. Itu lebih baik,” jelas dia.

Biasanya, stres mendatangi Ivan Gunawan beberapa minggu jelang pergelaran. “Stres datang karena saya merasa tidak siap. Karena selama ini saya menjadi one man show. Saya memikirkan dari konsep pertunjukan sampai atmosfer acara,” tutup Ivan Gunawan. (Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.