Sukses

Berutang Rp 17 Miliar, Kevin Aprilio Ungkap Cara Keluar dari Masalah

Kevin Aprilio menjelaskan caranya keluar dari masalah besar.

Liputan6.com, Jakarta - Empat tahun lalu, Kevin Aprilio mengalami kebangkrutan. Anak pasangan Addie MS dan Memes ini pernah memiliki utang hingga angka Rp 17 miliar karena gagal menjalankan industri forex.

Melalui saluran Youtube-nya, Kevin Aprilio mengungkap empat cara untuk melepaskan diri dari masalah yang pelik tersebut. Cara pertama adalah menenangkan diri, dan berdoa kepada Tuhan.

"Nenagin diri dulu dengan cara istirahat, tidur siang, refleksi, bersih-bersih. Bisa ke rumah orantua untuk menenangkan diri. Kalau saya waktu itu dengerin musik yang nenangin," kata Kevin Aprilio, Jumat (21/6/2019).

"Jadi setelah Anda sudah tenang secara fisik, rohaninya juga harus tenang. Kalau seperti saya, saya salat, berdoa minta petunjuk, minta diampuni kesalahan saya, minta tolong diberi jalan yang terang, diberi ketenangan. Tolong yang menagih saya ini diberi ilham untuk tidak menekan," sambungnya.

Cara kedua adalah jangan lari dari masalah. Kevin Aprilio memberanikan diri menghadapi masalah tersbut dengan menghubungi terlebih dahulu orang-orang yang harus ia lunasi utangnya.

"Saya ngomong ini juga berat. Tapi Anda harus samperin mereka duluan, telepon bikin janji ketemu. Setelah janji, Anda harus samperin di mana pun dia berada, Anda harus punya mental, semarah apa pun mereka, sengancem apa pun mereka ke Anda," kata musikus 29 tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah ketiga

Selanjutnya adalah memaparkan visi dan misi bagaimana cara melunasi utang. Pada langkah ini, Kevin Aprilio harus bisa meyakinkan si penagih utang bahwa ia mampu melunasinya.

"Kalau saya waktu itu saya jelaskan, saya akan mengembalikan uang anda dengan cara begini-begini, itu harus Anda keluarkan dari mulut Anda. Kalau cara A gagal, saya akan lakukan dengan cara B. B gagal lakukan dengan cara C," paparnya.

"Dan Anda harus mengucapkan ini, 'Izinkan saya melunasi utang Anda, izinkan saya menyelesaikan masalah saya ini ke Anda. Mohon saya diberi waktu dan diberi ketenangan agar saya bisa melunaskan utang saya ke Anda'," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Langkah Empat

Langkah terakhir adalah bekerja keras agar bisa melunasi utang dengan segera. Itulah langkah-langkah yang dilakukan Kevin Aprilio untuk keluar dari masalah besarnya.

"Anda harus kerja seolah Anda mati besok, Anda harus kerja seolah Anda ditodong pistol setiap detik. Anda harus kerja seolah Anda sudah enggak punya apa-apa. Anda harus kerja seolah Anda cuma sendirian di dunia ini," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini